Aromatik! Di Resto Ini Ada 20 Menu Serba Kecombrang yang Nikmat

ADVERTISEMENT

Aromatik! Di Resto Ini Ada 20 Menu Serba Kecombrang yang Nikmat

Praditya Fauzi Rahman - detikFood
Senin, 05 Des 2022 13:00 WIB
Sutjipto Widarta owner Dapoer Kecombrang
Foto: Praditya Fauzi Rahman
Surabaya -

Kecombrang atau honje sering ditambahkan ke masakan untuk menciptakan aroma dan rasa khas. Di restoran Surabaya ini, kamu bisa mencicipi 20 menu andalan berbahan kecombrang segar.

Kecombrang adalah sejenis tumbuhan rempah yang tergolong bahan makanan serba guna. Kecombrang bisa diolah sebagai campuran bumbu sayur, nasi goreng, pecak, gulai, dan bahkan sambal.

Nama lainnya honje, kincung, bungong kala, bunga rias, asam cekala, kumbang skala, sambuang serta lucu. Di banyak daerah Indonesia, kecombrang diolah menjadi ragam makanan enak.

Seperti halnya di restoran milik Emanuel Sutjipto Widarta di Surabaya ini. Ia menghadirkan sekitar 20 menu berbahan dasar kecombrang. Lalu buahnya diolah sebagai minuman.

"Sampai sekarang, ada sekitar 20 menu setiap hari yang kami sajikan. Tapi, untuk pre order ada sampai ratusan menu dengan bahan dasar kecombrang," kata Sutjipto kepada detikJatim,Pria yang akrab disapa Pak Tjipto itu menjelaskan, untuk menu harian, dia mengandalkan 20 menu. Seluruhnya, merupakan olahan khas tanah air.

Sutjipto Widarta owner Dapoer KecombrangSutjipto Widarta owner Dapoer Kecombrang Foto: Praditya Fauzi Rahman

"Menu-menu saya adalah menu nusantara, saya ciptakan sendiri. Tapi, tidak hanya orang Surabaya saja yang menikmati," ujar Owner Dapoer Kecombrang itu.

Ia mengolah sambal dengan campuran kecombrang, cabai, bawang merah, hingga buah zaitun sehingga lebih sedap dan harum. Bahkan, diklaim cocok untuk aneka jenis kuliner Nusantara.

"Sambal dengan kecombrang lebih segar dan menyehatkan. Makannya, menu saya khas Nusantara, menu ala pulang kampung, lebih ke rumahan," tuturnya.

"Misalnya ini, signature kita ya gule ini, karena perpaduan Timur Tengah, Melayu, dan Murotau," sambungnya.

Di restonya, Tjipto menerangkan ada aneka jenis menu berbahan dasar kecombrang. Untuk Snack, mulai dari Combro, Panada, Lalampa, Batagor, sampai Siomay Ayam Udang Kedelai.

Lalu, untuk makanan berat non seafood, mulai dari Bakso, Bakwan Penyet, Bandeng Cabut Duri, Kerapu, Lobster, Kakap, Patin, Gulai, Ayam, Mie Goreng, Nasi Goreng, Salad Bihun Merah, sampai aneka Olahan Ayam Kampung dengan sambal dan bumbu kecombrang. Sementara, untuk honje, dimanfaatkan untuk minuman, seperti teh honje dan jus honje.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Untuk makanan ringan hingga berat, mulai dari Rp 6.000 sampai Rp 220.000 per porsi/ekor. Sedangkan, minumannya mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 25.000.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.



Simak Video "Masak Masak: Sate Kikil Bumbu Kecombrang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT