Keren! Aluminium Foil Ini Dirancang Maksimal untuk Memanggang Ubi

ADVERTISEMENT

Keren! Aluminium Foil Ini Dirancang Maksimal untuk Memanggang Ubi

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 04 Des 2022 06:00 WIB
Keren! Aluminium Foil Ini Dirancang Maksimal untuk Memanggang Ubi
Foto: Sora News 24
Jakarta -

Inovasi dari Jepang selalu sukses bikin orang-orang berdecak kagum. Kali ini ada aluminium foil yang khusus untuk memanggang ubi agar lebih cepat empuk.

Orang Jepang begitu menyukai ubi manis panggang nan hangat. Sebutan populernya adalah yaki imo yang semakin digandrungi saat cuaca dingin. Umumnya dijajakan dengan mobil dan ditawrkan dengan pengeras suara.

Menikmati ubi manis paling enak saat selesai dipanggang, masih panas mengepul. Karenanya banyak orang Jepang coba membuat sendiri yaki imo di rumah.

Namun sayang, mereka acap kali menemui kendala karena ubi manis tak matang empuk sempurna. Rasa manisnya jadi kurang keluar dan teksturnya kadang masih keras.

Hal ini salah satunya karena proses pemanggangan yang kurang sempurna. Aluminium foil, alat utama, untuk memanggang ubi berperan penting dalam menghantar panas.

Keren! Aluminium Foil Ini Dirancang Maksimal untuk Memanggang UbiProduk aluminium foil khusus untuk memanggang ubi manis muncul di Jepang. Foto: Sora News 24

Di Jepang kini muncul produk aluminium foil khusus untuk memanggang ubi manis. Secara teknis, bahan aluminium ini bisa membuat suhu panas oven mengalir dalam waktu lebih cepat.

Mengutip Sora News 24 (29/11), aluminium foil itu dibuat oleh perusahaan asal Osaka bernama Toyo Aluminum Ekco Products Co., dengan merek Ishiyaki-imo Kuro Foil.

Diambil dari bahasa Jepang, "Kuro" artinya "Hitam" dalam bahasa Indonesia. Nama ini menunjukkan warna aluminium foil di satu sisinya yang memang berwarna hitam.

Dibanding aluminium foil biasa buatan Toyo Aluminum Ekco, versi yang khusus ubi manis ini tak terlalu terlihat ada bedanya. Keduanya punya tekstur dan ketebalan yang sama yaitu 11 mikrometer.

Hanya saja, dalam kemasan Ishiyaki-imo Kuro Foil ada bagan yang menunjukkan aluminium foil hitam ini mampu memanaskan ibagian tengah ubi manis lebih cepat dan memberikan suhu lebih panas.

Untuk menguji klaim itu, tim Sora News 24 memanggang ubi manis memakai dua jenis aluminium foil berbeda. Keduanya dipanaskan di oven 1.000 KW selama 20 menit.

Keren! Aluminium Foil Ini Dirancang Maksimal untuk Memanggang UbiAluminium foil khusus ubi ini bisa mematangkan ubi manis dengan sempurna. Foto: Sora News 24

Hasilnya, ubi manis yang dibalut aluminium foil biasa masih mentah bagian tengahnya. Sementara yang pakai aluminium foil khusus ubi panggang, sudah matang dan empuk.

Hal ini ditandai dari teksturnya yang jauh lebih lembut dan aroma manisnya yang tercium kuat saat ubi dipotong. Kuro aluminium foil disebut bisa memaksimalkan proses karamelisasi pada gula alami yang terkandung dalam ubi manis.

Dalam kemasannya, Toyo Aluminum Ekco juga menambahkan karakter huruf "Mo" yang artinya "Juga". Artinya produk ini juga ideal untuk memanggang terung, jamur, dan bawang bombai.

Untuk harga, Ishiyaki-imo Kuro Foil dibanderol lebih mahal. Di pasaran harganya 360 yen atau sekitar Rp 41.000. Meski begitu, dengan keunggulan yang ditawarkan, produk ini disebut layak dibeli.



Simak Video "Masak Masak: Kreasi Ubi Isi Pisang, Cuma Pakai 3 Bahan Utama "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT