Steve Jobs Beri Nama Produk 'Apple', Terinspirasi Buah Apel?

ADVERTISEMENT

Steve Jobs Beri Nama Produk 'Apple', Terinspirasi Buah Apel?

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 07 Nov 2022 19:00 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Apple adalah perusahaan teknologi yang mendunia. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini dinamai buah, apakah Apple benar-benar terinspirasi buah apel?

Produk Apple digandrungi banyak orang di dunia. Sebut saja iPhone hingga MacBook yang selalu ditunggu versi terbarunya oleh para pencinta gawai.

Nama Apple pun sudah sangat familiar di bidang teknologi, meski 'apple' sesungguhnya adalah nama buah. Lalu dari mana sebenarnya asal-usul nama Apple?

Awalnya banyak orang menduga pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak memilih nama 'Apple' sebagai syair pujian untuk Alan Turing. Ia adalah seorang ahli ilmu komputer dan cryptanalyst yang meninggal karena mengonsumsi apel mengandung sianida.

Lalu ada teori lain yang menyebut bahwa logo 'Apple' yang ikonik berupa buah apel sudah tergigit, terinspirasi oleh kisah Adam dan Hawa. Logo itu juga berfungsi ganda sebagai analogi untuk pencerahan yang telah diberikan teknologi kepada dunia.

NEW YORK, NY - AUGUST 02:  The Apple logo is displayed in an Apple store in lower Manhattan on August 2, 2018 in New York City. On Thursday the technology company and iPhone maker became the first American public company to cross $1 trillion in value. Apple stock is up more than 20% this year.  (Photo by Spencer Platt/Getty Images)Apple punya logo ikonik dimana buahnya sudah tergigit. Foto: Spencer Platt/Getty Images

Mengutip Mashed (5/11), alasan Steve Jobs dan Steve Wozniak memilih nama 'Apple' rupanya karena karena hal simpel saja. Suatu hari Wozniak menjemput Jobs dari bandara setelah perjalanan ke Oregon.

Di sana Jobs mengunjungi kebun apel. Jobs lalu menyarankan 'Apple' sebagai nama perusahaan. Karena saat itu keduanya tidak menemukan nama yang lebih baik, akhirnya nama 'Apple' benar-benar dipakai.

Mengutip Macworld (5/3/2020), Wozniak berujar, "Saya ingat saya sedang mengantar Steve Jobs kembali dari bandara di sepanjang Highway 85. Steve kembali dari kunjungan ke Oregon ke tempat yang dia sebut sebagai "kebun apel." Itu sebenarnya semacam komune. Steve menyarankan nama - Apple Computer."

Dalam sebuah wawancara, Jobs juga mengatakan pada jurnalis Walter Isaacson bahwa "(Apple) kedengarannya menyenangkan, bersemangat, dan tidak mengintimidasi. Apple mengambil alih kata komputer."

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.Buah apel rupanya benar-benar menginspirasi penamaan Apple. Foto: iStock

Jobs juga menyukai nama tersebut karena membuat mereka ada di atas nama pesaing awalnya yaitu Atari di buku telepon. Seperti diketahui, kata kedua Apple yaitu P membuatnya lebih dulu ada di daftar tersebut dibanding kata kedua Atari yaitu T.

Jadi pada intinya, Apple adalah nama sederhana untuk perusahaan yang menggambarkan kemudahan dan kesederhanaan produknya. Nama 'Apple' benar-benar terinspirasi dari buah apel!

Menyoal logo ikoniknya berupa buah apel yang sudah tergigit, sang pencipta yaitu Rob Janoff mengatakan alasannya bukan karena terinspirasi Adam dan Hawa melainkan untuk menegaskan bentuk apel.

Gigitan itu diharapkan bisa menggambarkan ukuran apel dengan jelas. Tujuannya agar orang-orang tidak keliru mengiranya sebagai cherry atau buah lain!



Simak Video "TOP 5: BTS Meal Bikin Heboh, Jerinx Bebas dari Penjara"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT