Kriuk! Kulit Kentang Bisa Diolah Jadi Keripik Enak

ADVERTISEMENT

Kriuk! Kulit Kentang Bisa Diolah Jadi Keripik Enak

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 07 Nov 2022 10:30 WIB
keripik kulit kentang renyah
Foto: TikTok @curlyscooking
Jakarta -

Kulit kentang ternyata bisa dimanfaatkan menjadi hidangan yang lezat. Kamu bisa menjadikannya keripik yang renyah. Jangan dibuang, karena menyimpan beragam manfaat.

Kentang merupakan umbi-umbian yang biasa dikonsumsi sebagai karbohidrat pengganti nasi. Banyak juga yang menikmati kentang sebagai camilan, seperti dijadikan kentang goreng, donat, maupun keripik.

Biasanya yang digunakan hanya bagian daging buahnya saja. Sedangkan, kulitnya dibuang begitu saja. Padahal, kulit kentang bisa juga dimanfaatkan menjadi hidangan yang tak kalah lezat.

Dilansir dari The Sun (4/11), seorang wanita membagikan tutorial memasak kulit kentang. Wanita dengan akun TikTok @curlyscooking itu membuat kulit kentang menjadi keripik yang renyah dan gurih.

Baca Juga: Jangan Dikupas, Ini 5 Manfaat Konsumsi Kulit Kentang

keripik kulit kentang renyahkeripik kulit kentang renyah Foto: TikTok @curlyscooking

Cara membuat keripik kulit kentang juga sangat mudah. Bahan untuk bumbunya juga hanya berupa garam saja.

Kulit kentang yang tidak terpakai ini harus dicuci sampai bersih, pastikan tidak ada tanah atau kotoran yang menempel. Kupas kulit kentang jangan terlalu tipis, agar masih ada dagingnya yang tergigit.

Kemudian, kulit kentang itu ditambahkan minyak goreng dan garam secukupnya. Campur kulit kentang dengan bumbu itu sampai merata ke seluruh permukaannya. Setelah itu, masak kulit kentang di dalam air fryer selama beberapa saat.

Saat kulit kentang sudah matang, sajikan di atas piring. Keripik kulit kentang buatan wanita itu sangat renyah, bisa terdengar suara kriuk ketika ia menyantapnya.

Baca Juga: 10 Resep Olahan Kentang yang Gurih Pedas Buat Menu Akhir Pekan

keripik kulit kentang renyahkeripik kulit kentang renyah Foto: TikTok @curlyscooking

Resep keripik kulit kentang ini banyak disukai oleh netizen, apalagi cara membuatnya juga mudah. Keripik kentang ini bisa dimakan begitu saja, atau dicocol ke dalam saus sambal.

"Saya sudah mencobanya dan ini enak sekali!" komentar netizen.

"Saya akan mencobanya!" sahut netizen lain.

Diketahui kalau kulit kentang menyimpan beragam manfaat kesehatan karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Mengutip dari ShareCare, kulit kentang mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, potasium, dan serat.

Selain dibuat menjadi keripik, kulit kentang bisa dibiarkan dan potong kentang agak besar. Kamu bisa menggoreng atau memanggangnya untuk disajikan menjadi potato wedges.

Baca Juga: Terungkap! 7 Rahasia Kentang Goreng Enak Restoran Cepat Saji



Simak Video "Dibuang Sayang, Kulit Kentang Bisa Dibuat Jadi Keripik Renyah"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT