Cerita Pemilik Restoran di Saumlaki Dipercaya 'Goyang Lidah' Jokowi

ADVERTISEMENT

Tapal Batas

Cerita Pemilik Restoran di Saumlaki Dipercaya 'Goyang Lidah' Jokowi

Erika Dyah - detikFood
Senin, 03 Okt 2022 13:09 WIB
Cerita Pemilik Restoran di Saumlaki Dipercaya ‘Goyang Lidah’ Jokowi
Foto: dok 3 Koki
Kepulauan Tanimbar -

Kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke salah satu wilayah terdepan Indonesia, Kepulauan Tanimbar, tak hanya disambut antusiasme warga. Akan tetapi juga menjadi berkat tersendiri bagi para pelaku usaha, termasuk Restoran 3 Koki di Saumlaki yang dipercaya menggoyang lidah orang nomor 1 di Indonesia ini.

Restoran yang berdiri sejak tahun 2016 lalu di ibu kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini mendapat kesempatan untuk menyajikan seluruh hidangan bagi Presiden Jokowi dan rombongan selama kunjungannya pada awal September lalu. Mulai dari katering nasi box hingga jamuan makan siang spesial, semuanya disediakan oleh Restoran 3 Koki.

Pemilik Restoran 3 Koki, Ines Claudia Thiodorus mengungkap Presiden Jokowi beserta rombongan sempat singgah di Restoran 3 Koki untuk menikmati santap siang spesial dalam kunjungannya ke Kepulauan Tanimbar.

"Seluruh (rangkaian) kunjungan dari makanan box sampai jamuan makan siang, kateringnya dari sini. Untuk jamuan makan siang itu yang paling spesial. Ada menu teripang dan lobster, juga makanan lokal yang dicoba Pak Jokowi," ungkap Ines saat ditemui detikcom beberapa waktu lalu.

Ines mengaku persiapan yang dilakukan pihaknya untuk menyajikan santap spesial bagi sang presiden cukup singkat. Kabar kedatangan Jokowi ia terima hanya seminggu sebelum kunjungan tersebut berlangsung.

Ia pun sempat tak menyangka orang nomor 1 di RI ini akan singgah ke tempatnya. Namun, pihaknya dengan sigap menyiapkan sejumlah menu reguler dan juga menu khusus permintaan Jokowi.

"Mungkin dapat rekomendasi dari orang-orang sini juga. Karena di 3 Koki ini menunya yang paling lengkap," ujarnya.

Cerita Pemilik Restoran di Saumlaki Dipercaya 'Goyang Lidah' JokowiCerita Pemilik Restoran di Saumlaki Dipercaya 'Goyang Lidah' Jokowi Foto: detikcom/Agung Pambudhy

Sebagai informasi, 3 Koki merupakan salah satu dari sedikit restoran yang bisa Anda temui di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar. Restoran bernuansa etnik ini menawarkan ragam kuliner yang cukup lengkap, mulai dari menu khas Tanimbar seperti papeda dan ikan kuah kuning, menu khas Nusantara, hingga menu ala Chinese.

Meski sempat didatangi Jokowi, restoran ini tak mematok harga selangit. Pasalnya, Ines sendiri mengaku ingin menghadirkan experience serta menu yang beragam dari berbagai daerah di Nusantara lewat 3 Koki. Sehingga masyarakat Saumlaki bisa menikmati service resto dengan harga yang terjangkau.

Ke depannya, Ines berencana akan terus memperluas pilihan menu agar lebih beragam. Tak hanya itu, demi memaksimalkan layanan restonya ia pun menghadirkan berbagai pilihan pembayaran bagi para pelanggan. Salah satunya lewat QRIS dan pembayaran debit BRI.

"BRI memang rekan kerja 3 Koki, untuk sistem pembayaran. Ada QRIS dan debit (EDC) juga. Kadang orang-orang udah nggak bawa cash. Kita juga adminnya lebih gampang karena setiap pemasukan QRIS langsung terdata di HP," tutur Ines.

Menilik pembayaran di restoran miliknya, Ines mengatakan sebagian besar masyarakat sudah akrab dengan tren cashless. Apalagi, 60% pembayaran di tempatnya kini telah menggunakan QRIS, termasuk juga QRIS dari aplikasi BRImo yang banyak digunakan oleh masyarakat setempat.

Ia mengaku metode pembayaran digital ini cukup memudahkan pihaknya. Sebab secara administrasi sangat gampang didata, karena setiap transaksi yang masuk akan langsung tercatat di mobile banking miliknya.

Cerita Pemilik Restoran di Saumlaki Dipercaya 'Goyang Lidah' JokowiCerita Pemilik Restoran di Saumlaki Dipercaya 'Goyang Lidah' Jokowi Foto: detikcom/Agung Pambudhy

Tak hanya digunakan di 3 Koki, Pimpinan Cabang BRI Saumlaki, Atok Muhajir mengungkap QRIS di wilayah kerja pihaknya mulai digunakan secara masif. Pasalnya, hingga kini tercatat ada lebih dari 1.600 user QRIS dengan nilai transaksi mencapai Rp 1,2 miliar. Pihaknya juga terus mendorong upaya penyuluhan digital atau digital advisory untuk mengajak masyarakat melakukan transaksi digital ke arah ekosistem bisnis.

"Sehingga masyarakat akan terbiasa ke depannya melakukan transaksi digital melalui QRIS nantinya, aplikasi BRImo dari BRI juga sudah sangat mudah digunakan untuk melakukan transaksi QRIS. Jadi nasabah dari sisi penjual juga tidak perlu lagi menyiapkan uang kembalian kecil, atau dari sisi pembeli juga sudah lebih praktis," pungkasnya.

detikcom bersama BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas perkembangan ekonomi, infrastruktur, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan Indonesia. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!



Simak Video "Mengenal Bagan, Alat Tangkap Ikan Nelayan Anambas"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT