ADVERTISEMENT

Cantik Seperti Perhiasan, Ini Buah Berry Unik Asal Afrika Tengah

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 20 Sep 2022 19:00 WIB
Cantik Seperti Perhiasan, Ini Buah Berry Unik Asal Afrika Tengah
Foto: Site News
Jakarta -

Buah berry asal Afrika Tengah ini menarik perhatian karena tampilannya yang cantik dan berkilau, mirip perhiasan. Namun jangan sampai memakannya ya karena buah ini tidak untuk dikonsumsi.

Berbeda dengan strawberry dan blueberry, buah bernama Polia condensata atau dikenal dengan nama marble berry ini tampil cantik dan berkilau layaknya perhiasan permata. Buah ini tumbuh di dalam hutan yang berada di Afrika Tengah.

Marble berry disebut sebagai tumbuhan organik yang paling terang di alam bebas. Hal ini lantaran kulit buahnya yang bercahaya.

Baca Juga:Ini 5 Buah Unik yang Viral di TikTok, Ada Buah Salju dan Ciplukan" selengkapnya

Dilansir dari Oddity Central (20/09), tumbuhan marble berry ini ukurannya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar satu meter. Dalam satu pohon menghasilkan sekitar 40 berry saja. Tampilannya yang berkilau ini membuat tumbuhan ini banyak dicari orang.

Bagian kulit buahnya berwarna biru metalik yang mengkilap. Banyak yang menyebutnya mirip seperti perhiasan atau mirip seperti hiasan bola-bola di pohon natal.

Untuk bisa menemukan buah ini, orang-orang harus pergi ke negara seperti Ethiopia, Mozambique, Tanzania atau Ghana. Dari daerah Afrika inilah tumbuhan ini berasal.

Cantik Seperti Perhiasan, Ini Buah Berry Unik Asal Afrika TengahCantik Seperti Perhiasan, Ini Buah Berry Unik Asal Afrika Tengah Foto: Site News

Menurut beberapa peneliti yang sudah mengamati buah ini, alasan mengapa buah marble berry bisa mengkilap dan bercahaya adalah karena kulit buah ini punya struktur warna yang biasanya ditemukan di beberapa hewan seperti burung merak. Untuk diketahui, bulu-bulu burung tersebut berpigmen cokelat tapi memantulkan cahaya biru hingga hijau. Begitu juga kupu-kupu dan kumbang.

Alhasil buah berry marble ini sangat unik. Selain itu lapisan luar kulit buah, terdiri dari 3-4 lapisan kulit sel yang terbuat dari serat dan formasinya seperti spiral.

Sayangnya buah cantik penuh warna berkilau ini tidak bisa dimakan. Bagian dalam buah ini isinya hanya biji-bijian.

Warna berkilaunya ini bisa bertahan lama hingga beberapa dekade. Kebanyakan orang-orang menggunakannya sebagai hiasan atau pajangan saja.

Ada juga beberapa perancang makanan yang berkolaborasi dengan perusahaan perhiasan untuk mengubah buah-buah ini menjadi aksesoris seperti gelang yang unik.

Baca Juga: Bukan Pakaian, Butik Unik Ini Hanya Jual Buah Eksotik yang Langka di Kolombia" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Minum Che Hun Tiau di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT