5 Tempat Makan Sate Maranggi yang Paling Maknyus di Purwakarta

ADVERTISEMENT

Rekomendasi Tempat Makan

5 Tempat Makan Sate Maranggi yang Paling Maknyus di Purwakarta

Dian Firmansyah - detikFood
Minggu, 11 Sep 2022 12:30 WIB
Michaels Garden: Sate Maranggi dan Tom Yum Enak di Resto Taman Cantik
Foto: detikfood
Purwakarta -

Kalau ada di Kabupaten Purwakarta kamu wajib cicip sate maranggi. Ada 5 tempat makan sate maranggi yang terkenal maknyus dan bisa jadi pilihan.

Sate maranggi merupakan sate sapi khas Purwakarta. Dibuat dari irisan daging dan lemak sapi yang sudah direndam bumbu ketumbar dan nanas. Dibakar di atas api arang lalu disajikan dengan irisan tomat dan cabe rawit merah.

Beberapa tempat makan sate maranngi menyajikan sate daging tanpa lemak atau sate dengan lemak. Ada juga yang menyediakan sate ayam, sate kambing dan juga sate sapi. Rata-rata pedagang mematok harga mulai dari Rp 2.000 - 5.000 per tusuknya.

Tidak kalah penting saat memilih tempat makan yaitu ramai serta nyaman. Beberapa tempat ini bisa menjadi pilihan jika kala kamu berkunjung ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

1. Sate Maranggi Hj Yetti Cibungur

resep makanan khas sunda sate maranggisate maranggi Foto: Getty Images/iStockphoto/ichan90

Rumah makan yang satu ini sudah sangat terkenal dan legendaris, banyak warga dari luar Purwakarta yang sengaja mampir ke tempat makan ini. Selain enak rasanya, tempatnya juga nyaman dan mudah dijangkau.

Puluhan meja panjang sudah menanti jika kamu berkunjung ke lokasi ini. Lokasinya di pinggir jalan utama non tol Jakarta-Bandung, jalan Raya Cibungur, Bungursari, Purwakarta.

Saat keluar dari gerbang Tol Cikampek bisa mengambil arah ke kanan dan terus lurus dan keluar dari gerbang tol Sadang bisa mengambil arah ke kiri kemudian tinggal mengikuti jalan.

2. Kampung Sate Maranggi Plered

Rumah makan ini disebut merupakan cikal bakal adanya sate maranggi. Kampung Sate Maranggi Plered masih mempertahankan keaslian dengan komposisi dua daging dan satu potng lemak pada tiap satu tusuk.

Dahulu, pedagang sate berjejer di sepanjang jalan ini yang merupakan jalur alternatif menuju Cianjur. Lokasinya di Jalan Raya Anjun, Plered, Purwakarta atau tepat di samping Stasiun Kereta Api Plered.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah membangun tempat khusus berjualan sate dan dijadikan wisata kuliner khas Purwakarta.

Di tempat ini hanya menyediakan sate dan sop serta petai bakar, sebagian kecil menyediakan ketan bakar namun mayoritas menyediakan nasi.

Untuk bisa ke lokasi ini, jika keluar dari gerbang tol Jatiluhur, dapat mengambil arah ke kanan dan terus mengikuti jalur hingga menemui pertigaan Tugu Central Keramik Plered.

3. Sate Maranggi Situ Wanayasa

KA Walahar dan sate maranggimaranggi Foto: Dwi Ari Setyadi for detikcom

Ini merupakan salah satu obyek wisata yang berada di jalur Purwakarta-Bandung. Para pedagang sate berjejer menghadap Situ Wanayasa yang legendaris.

Di tempat ini kamu akan menemukan ketan bakar yang menjadi teman makan sate, sebagian kecil menyediakan nasi. Ketannya pulen, wangi dan gurih.

4. Sate Maranggi Pareang

Untuk menuju lokasi rumah makan Sate Maranggi Pareang, kamu membutuhkan bantuan google maps atau bertanya ke warga. Karena lokasinya masuk ke area perkampungan di wilayah Karangpedes, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta.

Sate Pareang pada tahun 2020 meraih juara 1 tingkat kabupaten dalam Festival Sate Maranggi Purwakarta. Wilayah sekitar juga kerap menyuguhkan durian kuning yang menjadi menu tambahan di tempat ini. Konsep rumah makan seperti rumah panggung dengan bangunan khas Sunda.

5. Sate Anwar

Sate Maranggi Mang Agus Puncak BogorSate Maranggi Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Menikmati sate ditemani pemandangan alam menjadi hal yang ditawarkan Rumah Makan Sate Anwar. Lokasi rumah makan ini dikelilingi area persawahan.

Rumah Makan Sate Anwar berada di pinggir jalan utama Purwakarta-Bandung, tepatnya di wilayah Pondoksalam, Purwakarta. Sate yang hangat dan gurih terasa makin nikmat dengan suasana asri.



Simak Video "Uniknya Cilok Isi Sate Maranggi di Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT