Unik! Di Purwodadi Ada Jajanan Bayam dan Kangkung Gulung

ADVERTISEMENT

Unik! Di Purwodadi Ada Jajanan Bayam dan Kangkung Gulung

Riska Fitria - detikFood
Senin, 29 Agu 2022 11:30 WIB
Jajanan unik bayam gulung
Foto: TikTok @listyansh_
Jakarta -

Bukan telur gulung, di Purwodadi, Jawa Tengah justru ada jajanan berupa sayur bayam dan kangkung gulung. Seperti apa rasanya?

Seorang pengguna TikTok @listyansh_ membagikan keseruannya saat kulineran kaki lima. Dalam videonya terlihat ia menemukan jajanan unik, yakni bayam gulung dan kangkung gulung.

"Jajanan viral Purwodadi, bayam gulung dan kangkung gulung," tulisnya dalam caption video (12/08/22).

Di video tersebut juga terlihat penjual bayam gulung tersebut ramai dipenuhi pembeli. Penjual itu tampak sibuk melayani bayam dan kangkung gulung di penggorengan yang diletakkan di sepedanya.

Baca Juga: Cicip Jajanan SD, Orang Korea Ini Ketagihan Telur Gulung dan Cilok

Jajanan unik bayam gulungJajanan unik bayam gulung Foto: TikTok @listyansh_

Kepada detikcom (26/08/22) Listya Ningsih selaku pemilik akun menceritakan bahwa saat itu ia dan temannya baru datang dari Salatiga ke Purwodadi untuk berkunjung ke rumah teman.

"Sorenya saja diajak teman saya untuk jajan ke daerah Bunderan RSS Sambak untuk beli ayam gulung dan kangkung gulung yang banyak digemari warga Purwodadi," ujarnya saat dihubungi detikcom.

Ia menambahkan bahwa saat itu penjual bayam gulung dan kangkung gulung diantre banyak pembeli. Karenanya ia tertarik untuk mencoba jajanan unik tersebut.

Bahan-bahan yang digunakan adalah sayur bayam, kangkung, tepung tapioka dan diberi penyedap rasa seperti garam. Cara membuatnya persis ketika membuat jajanan telur gulung.

Baca Juga: Jumbo Banget! Seleb TikTok Ini Beli Telur Gulung Rp 100 Ribu

Jajanan unik bayam gulungJajanan unik bayam gulung terbuat dari sayuran bayam, kangkung dan tepung tapioka. Foto: TikTok @listyansh_

Sayur bayam dan kangkung itu dimasukkan ke dalam adonan tepung tapioka. Kemudian digoreng di wajan, lalu digulung menggunakan lidi dibungkus plastik. Jajanan ini dimakan pakai cocolan saus.

Harganya pun terjangkau. Menurut Listya rasanya enak, gurih dan ada tekstur kenyalnya. Jajan bayam gulung dan kangkung gulung ini juga bisa mengenyangkan ujarnya.

"Kebetulan waktu itu saya beli dengan pesan harga Rp 5.000. Untuk harga menyesuaikan dengan permintaan setiap pelanggan, bisa pesan 2 ribu, 3 ribu, 5 ribu dan seterusnya," tutup Listya.

Lebih lanjut, Listy juga menuturkan bahwa jajanan bayam gulung dan kangkung gulung itu sudah lama ada di Purwodadi. Hal itu pun diakui juga oleh netizen yang pernah mencicipi jajanan ini.

"Bayam enak digoreng tepung. Nenekku sering bikin, tapi kalau kangkung belum pernah nyobain," tulis netizen.

"Bayam goreng tepung. Percaya deh rasanya kaya makan rumput laut crispy," tulis netizen lainnya.

@listyansh_ Finally setelah antri panjang bayam&kangkung gulung viral Purwodadi #bayamgulung #purwodadi #jajananviral #kangkungviral ♬ Begini Batem Remix - BeginiBatem🦑

Baca Juga: Cicip 5 Jajanan Kaki Lima Indonesia, Ronaldinho Ketagihan Telur Gulung!



Simak Video "Masak Masak: Telur Gulung Keju Sehat Bergizi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT