ADVERTISEMENT

Rice Bowl Kekinian

5 Rice Bowl Ini Punya Menu Nusantara, dari Ayam Geprek hingga Cakalang Rica

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 29 Agu 2022 05:00 WIB
5 Rice Bowl Ini Punya Menu Nusantara, dari Ayam Geprek hingga Cakalang Rica
Foto: Instagram @rajasei
Jakarta -

Popularitas rice bowl di Indonesia membuat banyak restoran menghadirkan menu rice bowl berkonsep nusantara. Lauknya mulai dari ayam geprek hingga ikan cakalang.

Rice bowl adalah makanan praktis yang diadaptasi dari makanan Jepang, Donburi. Menu yang komplet dengan kemasan yang praktis membuat banyak orang memilih untuk makan rice bowl.

Mungkin sebelumnya, rice bowl yang hadir hanya memiliki lauk seperti daging, ayam, atau ikan yang diolah mengikuti resep Jepang saja. Tapi karena popularitas rice bowl di Indonesia, akhirnya banyak gerai makan yang juga menghadirkan rice bowl dengan menu nusantara.

Beberapa tempat makan menciptakan menu rice bowl yang disesuaikan oleh lidah orang Indonesia. Lauknya ada se'i sapi, ayam geprek, nasi lidah, hingga nasi ikan cakalang.

Berikut 5 menu rice bowl berkonsep nusantara:

1. Rice Bowl Se'i Sapi

5 Rice Bowl Ini Punya Menu Nusantara, dari Ayam Geprek hingga Cakalang RicaDengan tekstur daging yang renyah dan aroma asap, membuatnya menjadi cocok untuk dinikmati dengan nasi.Lebih praktisnya sei sapi bisa dinikmati dalam menu rice bowl dengan tumis daun singkong dan sambal pedas. Foto: Instagram @rajasei

Se'i sapi tengah populer sebagai menu di restoran. Tak heran jika sei sapi dipilih juga untuk menjadi lauk rice bowl.

Se'i merupakan olahan daging khas Nusa Tenggara Timur yang sebenarnya diolah dari daging babi. Namun kini banyak yang mengubahnya jadi se'i sapi atau ayam.

Yang membedakan se'i sapi dari daging lainnya terletak pada proses pengolahannya. Se'i sapi diolah dengan cara diasap hingga matang perlahan.

Dengan tekstur daging yang renyah dan aroma asap, membuatnya menjadi cocok untuk dinikmati dengan nasi.

Lebih praktisnya sei sapi bisa dinikmati dalam menu rice bowl dengan tumis daun singkong dan sambal pedas.

Ada beberapa restoran yang memiliki menu se'i sapi antara lain; Raja Sei yang menawarkan rice bowl se'i sapi dengan daging premium. Dibanderol mulai dari Rp 41 ribu. Lokasinya di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Sementara di Bekasi juga ada Nasi Se'i Sapi Warga Galaxy yang menyediakan nasi pulen dengan topping daging se'i, ditambah sayur daun singkong dan sambal matah.

Dibanderol mulai dari Rp 30 ribuan saja. Bisa ditemukan di Jl. Boulevard Raya No.96, RT.001/RW.002, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bekasi.

2. Rice Bowl Ayam Geprek

5 Rice Bowl Ini Punya Menu Nusantara, dari Ayam Geprek hingga Cakalang RicaMirip seperti nasi ayam geprek pada umumnya, rice bowl ayam geprek pun biasanya berisi nasi, ayam geprek, dan berbagai pilihan sambal, tetapi dihidangkan dalam wadah rice bowl yang lebih ringkas. Foto: Instagram @ayamkeprabonexp.cityresort

Ayam geprek tak kalah populer di Indonesia. Banyak sekali gerai yang menghadirkan ayam geprek pada menu mereka, termasuk gerai-gerai rice bowl.

Mirip seperti nasi ayam geprek pada umumnya, rice bowl ayam geprek pun biasanya berisi nasi, ayam geprek, dan berbagai pilihan sambal, tetapi dihidangkan dalam wadah rice bowl yang lebih ringkas.

Rice bowl ayam geprek ini bisa ditemukan di beberapa tempat yang memiliki banyak gerai tersebar, mulai dari Ayam Keprabon Express yang tersedia dengan 3 jenis sambal yaitu sambal karca, bohay, dan matah.

Ada juga Ayam Koplo by Hangry yang menyajikan ayam geprek dengan potongan dadu ditambah taburan kremesan yang gurih.

Sementara di Ayam Blenger PSP, kamu juga bisa menemukan rice bowl ayam geprek dengan sambal yang pedas.

Rata-rata rice bowl ayam geprek tersebut dibanderol mulai dari Rp 23 ribuan.



Simak Video "Icip-icip Rice Bowl Bumbu Bebek Madura dan Jepang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT