ADVERTISEMENT

5 Jurus Dulang Cuan dari Konten Kuliner ala Food Vlogger Andre Sarwono

Dea Duta Aulia - detikFood
Sabtu, 27 Agu 2022 09:00 WIB
Promo ShopeeFood
Foto: Shopee
Jakarta -

Saat ini, fungsi media sosial tidak hanya untuk menambah relasi pertemanan saja. Namun media sosial juga bisa memberikan manfaat untuk mendulang cuan, salah satunya melalui konten kreatif.

Konten kreator sekaligus food vlogger Andre Sarwono menerangkan ada sejumlah konten yang berpotensi untuk menghadirkan banyak cuan, salah satunya adalah konten kuliner. Karena konten jenis ini selalu berhasil mendapatkan banyak sambutan positif dari warganet. Hal tersebut dibuktikan dari akun @makanterusss yang ia kelola dan saat ini telah memiliki lebih dari 2,3 juta pengikut di Instagram.

Setelah lebih dari tujuh tahun menekuni profesi sebagai food vlogger, Andre melihat bahwa perkembangan industri kuliner saat ini turut menghadirkan berbagai kemudahan bagi para konten kreator pemula yang juga ingin mengikuti jejaknya sebagai food vlogger.

"Di era digital sekarang ini, pekerjaan para food vlogger juga sangat terbantu dengan kehadiran layanan pesan antar makanan (food delivery). Tinggal pesan saja dari rumah, makanan bisa langsung diantar. Kita pun bisa jadi merasa lebih leluasa dan fokus saat proses pembuatan kontennya. Apalagi layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood misalnya selalu menyediakan banyak promo menarik buat para penggunanya. Promonya berguna banget buat para konten kreator, jadi kita bisa beli lebih banyak variasi kuliner dengan harga yang lebih hemat di ShopeeFood," kata Andre dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/8/2022).

Meskipun begitu, ia mengatakan, untuk membuat konten kuliner butuh strategi khusus agar diminati oleh banyak orang. Nah berikut adalah sejumlah tips untuk mendulang banyak cuan dari konten kuliner.

1. Utamakan Orisinalitas

Agar konten kuliner yang diproduksi mampu menarik banyak penonton, setiap konten kreator mesti mengutamakan orisinalitas. Menurutnya, menjadi diri sendiri merupakan salah satu cara agar dapat menjaga orisinalitas. Dengan begitu bisa mempermudah untuk membangun branding diri sendiri sebagai konten kreator di media sosial.

"Kenali karakter diri sendiri agar kamu dapat menciptakan pesona diri yang unik dan berbeda. Berusahalah untuk selalu utamakan orisinalitas diri, tidak meniru gaya orang lain. Jangan sampai karya yang sudah kamu buat justru tidak diapresiasi karena dianggap copycat," katanya.

2. Riset dan Perkaya Referensi

Dua hal tersebut tidak bisa dilepaskan ketika ingin memproduksi konten kuliner. Pasalnya, media sosial memiliki perputaran tren yang dinamis. Sehingga dengan melakukan riset dan perkaya referensi konten kreator bisa memanfaatkan sejumlah tren untuk para audiensnya.

"Selain memantau perkembangan tren, kamu juga bisa perkaya diri dengan mencari referensi dari para food vlogger lainnya untuk mendapatkan inspirasi dan mendorong kreativitas," jelasnya.

3. Manfaatkan Promo Layanan Pesan Antar Makanan

Salah satu jurus ampuh agar bisa mendulang banyak cuan dari konten kuliner yakni dengan memanfaatkan promo layanan pesan antar makanan. Pasalnya, sebagai konten kreator pemula, kamu dapat memanfaatkan promo yang ada di layanan pesan antar makanan, seperti ShopeeFood yang selalu punya berbagai penawaran menarik.

Ia mencontohkan pada 28-30 Agustus 2022 ini, ShopeeFood akan mengadakan kampanye ShopeeFood Day yang menyediakan beragam promo, seperti Diskon 100%, Gratis Ongkir Sepuasnya, hingga Promo Serba Gratis. Kampanye ShopeeFood Day akan selalu hadir selama tiga hari mulai dari tanggal 28 setiap bulannya.

Promo ShopeeFoodFoto: Shopee

Selain itu, ShopeeFood juga menyediakan promo spesial khusus bagi pengguna baru ShopeeFood, yaitu Diskon 25RB untuk Semua Resto dan Gratis Ongkir Sepuasnya. Promo spesial pengguna baru ini berlaku untuk metode pembayaran ShopeePay maupun Cash on Delivery (COD).

Selama kampanye ShopeeFood Day berlangsung, para konten kreator pemula dapat mencoba mencicipi beragam kuliner dengan harga yang lebih terjangkau dari merchant-merchant ternama, seperti Traffic Bun, Menantea, Mangkokku, Baso Aci Akang, Street Boba, dan masih banyak lagi.

"Jangan lupa catat tanggal-tanggal promo ShopeeFood ini agar kamu bisa lebih hemat saat harus membeli banyak makanan untuk membuat konten, ya!" jelas Andre.

4. Perhatikan Kualitas Konten dan Visual

Pembuatan konten kuliner juga tidak boleh asal-asalan agar para penonton pun merasa nyaman saat menikmati konten yang tersebut. Itulah mengapa para konten kreator berlomba-lomba membuat konten dengan kualitas dan visual jempolan.

"Konten kreator sangat bergantung pada tampilan dan kualitas konten yang ditampilkan. Saat membuat konten visual, pastikan agar kamu memperhatikan komposisi pengambilan gambar maupun video dengan baik," jelasnya.

5. Konsisten

Membangun citra sebagai seorang konten kreator sangat membutuhkan konsistensi. Sebab menciptakan suatu citra sebagai konten kreator tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Butuh konsistensi dan keseriusan untuk terus melakukan inovasi dalam pembuatan konten.

"Kuncinya jangan pernah menyerah untuk terus belajar meningkatkan kualitas konten dan juga keahlian diri sendiri. Percaya pada prosesnya karena kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil," tutupnya.



Simak Video "Indonesia Tak Termasuk, Ini Negara yang Kena Dampak PHK Massal Shopee"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT