Harum Sedap! Ikan Pari hingga Manyung Asap di Desa Sumurgayam

ADVERTISEMENT

Harum Sedap! Ikan Pari hingga Manyung Asap di Desa Sumurgayam

Eko Sudjarwo - detikFood
Selasa, 23 Agu 2022 11:30 WIB
ikan asap lamongan
Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Warung makan di Desa Sumurgayam, Lamongan ini istimewa karena menyajikan menu serba ikan asap. Semuanya berbahan ikan laut, termasuk ikan pari, salem, hingga manyung.

Selain soto, Lamongan terkenal dengan kuliner berbahan ikan. Pelancong pun bisa merasakan beragam menu ikan di tiap sudut kota ini.

Jika ingin mencicipi yang istimewa, mampirlah ke Warung Sambal Ikan Asap Afiza di Desa Sumurgayam, Kecamatan Paciran. Sesuai namanya, menu di sini serba ikan asap.

Lokasi warung tak jauh dari kawasan Pantai Utara (Pantura) Lamongan. Mampir ke sini, aroma asap yang khas seolah 'menyambut' siapapun yang datang.

Baca Juga: Sensasi Gurih Sedap Cicipi Aneka Ikan Asap Lamongan

"Ikan asap di sini langsung diambil dari tangkapan nelayan karena warga di sini mayoritas bekerja sebagai nelayan," kata Khamilatul Izzah, pemilik Warung Sambal Ikan Asap Afiza (22/8).

Beragam menu ikan asap bisa dipesan di warung ini seperti ikan Salem, Togek, Mbelo, Pari, Tonang, Manyung, dan beragam ikan laut lainnya. Setelah memilih, ikan segar tersebut langsung diasap di warung tersebut

ikan asap lamonganBeragam ikan asap di Warung Sambal Ikan Asap Afiza. Foto: Eko Sudjarwo

Pengunjung pun bisa memilih nasi putih atau nasi jagung sebagai paduan menyantap ikan asap. Nasi tersebut semakin spesial karena dibungkus dengan daun jati.

Kudapan ini tampak semakin mantap dengan paduan sambal orek khas Paciran. Sambal ini berbahan dasar cabai, tomat, dan petis khas Pantura. Aroma sambal yang khas semakin menambah nafsu makan.

Baca Juga: Pemkab Lamongan Ajukan Hak Paten Wingko Babat

"Yang membuat beda adalah sambal oreknya ditambahkan jeruk engklang," terang Izzah.

Tim detikJatim pun berkesempatan menjajal kudapan tersebut. Paduan ikan asap, nasi hangat, dan sambal orek memang menggugah selera.

Saat ketiganya masuk mulut, ikan asap yang 'smokey' terasa sangat menyatu dengan nasi dan pedasnya sambal tersebut. Benar-benar membuat ketagihan!

Dalam sehari, Izzah mengaku bisa menghabiskan setidaknya 100 ekor ikan asap. Harganya pun cukup terjangkau, yakni Rp 16 ribu sampai Rp 25 ribu, bergantung jenis ikannya.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Nikmatnya Ikan Asap Khas Pantura di Lamongan

(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT