4 Fakta Sorgum yang Akan Dipakai Sebagai Bahan Mie Instan

ADVERTISEMENT

4 Fakta Sorgum yang Akan Dipakai Sebagai Bahan Mie Instan

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 17 Agu 2022 10:00 WIB
Sorgum Adalah Apa? Disebut Jokowi Alternatif Pengganti Beras
Foto: Getty Images/iStockphoto/HadelProductions
Jakarta -

Harga gandum mahal, produsen mie instan nasional berencana menggunakan sorgum sebagai pengganti bahan pembuatan mie instan. Apa itu sorgum?

Belakangan ini heboh harga mie instan yang disebut-sebut akan naik hingga 3 kali lipat. Itu dikarenakan harga gandum saat ini tengah baik dan pasokan yang sulit.

Gandum merupakan bahan utama untuk membuat mie instan. Oleh karenanya Indofood berencana akan mengembangkan mie instan berbahan sorgum.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi krisis pangan global. Indofood, salah atau produsen mie instan menyatakan bahwa sorgum merupakan tanaman asli Indonesia yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pangan nasional.

Berikut fakta sorgum yang akan dipakai pengganti gandum:

1. Apa itu Sorgum?

Kisah Maria Loretha yang Berhasil Kembangkan Sorgum di NTTSorgum adalah tumbuhan sejenis biji-bijian yang bentuk tanamannya mirip tanaman jagung. Foto: iStock

Dikutip dari Kementan, sorgum adalah tumbuhan sejenis biji-bijian yang bentuk tanamannya mirip tanaman jagung. Sorgum berasal dari Afrika Timur dan populer sebagai bahan pangan serba guna.

Tanaman sorgum mudah tumbuh di negara-negara tropis. Sorgum dikenal sebagai tanaman tahan banting, sebab sorgum dapat ditanam dan tumbuh subur di tanah gersang sekalipun.

Bahkan sorgum bisa dipanen di musim kemarau. Di Indonesia, sorgum banyak ditanam di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ada juga yang ditanam di pulau Jawa mulai dari Kabupaten Wonogiri, Grobogan, Bojonegoro hingga Tuban di Jawa Timur.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Indonesia Punya Gula Pasir Berbahan Sorgum



Simak Video "Ditemukan Bungkus Indomie di Bekas Markas Pasukan Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT