Sedap! Nasi Kuning Manado Dibungkus Pakai Daun Woka

ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner Manado

Sedap! Nasi Kuning Manado Dibungkus Pakai Daun Woka

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 13 Agu 2022 15:00 WIB
Mantap! 5 Nasi Kuning Manado Lauk Cakalang Rica hingga Sambal Roa
Foto: Yenny Mustika Sari/detikfood

3. Dibungkus Daun Woka

nasi kuning Manado untuk sarapanNasi kuning umumnya dibungkus kertas, kotak atau dengan daun pisang. Tetapi berbeda dengan nasi kuning Manado yang masih asli, biasanya dibungkus dengan daun woka. Foto: Instagram

Nasi kuning umumnya dibungkus kertas, kotak atau dengan daun pisang. Tetapi berbeda dengan nasi kuning Manado yang masih asli, biasanya dibungkus dengan daun woka.

Daun woka atau sering disebut sebagai daun lontar muda menjadi salah satu kunci penting dari penyajian nasi kuning khas Manado. Daun Woka juga digunakan sebagai pengawet agar nasi kuning tidak mudah basi.

Daun woka juga bisa memberi aroma harum dan menambah cita rasa pada nasi kuning. Nasi kuning Manado yang hangat dibungkus daun woka, saat dingin tetap sedap harum aromanya.

4. Cara Membungkus yang Unik

Nasi Kuning ManadoUntuk membungkus nasi kuning Manado, ternyata ada cara khusus yang tergolong unik. Biasanya nasi berikut lauk pauk ditaruh di bagian tengah daun woka dengan arah memanjang mengikuti serat daun. Foto: detikFood

Untuk membungkus nasi kuning Manado, ternyata ada cara khusus yang tergolong unik. Biasanya nasi berikut lauk pauk ditaruh di bagian tengah daun woka dengan arah memanjang mengikuti serat daun.

Selanjutnya digulung rapat lalu dipilih hingga padat di bagian atasnya dan disimpul melingkar. Dengan cara ini nasi kuning akan terbungkus rapat dan tidak mudah lepas bungkusannya.

Bungkusan bulat oval ini mudah dibawa, biasanya dilakukan untuk nasi kuning yang dibawa atau untuk bekal. Jika dimakan langsung, biasanya sebungkus nasi kuning Manado hanya disajikan di atas piring, yang kemudian bisa langsung disantap.


(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT