Sedap! Nasi Kuning Manado Dibungkus Pakai Daun Woka

ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner Manado

Sedap! Nasi Kuning Manado Dibungkus Pakai Daun Woka

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 13 Agu 2022 15:00 WIB
Mantap! 5 Nasi Kuning Manado Lauk Cakalang Rica hingga Sambal Roa
Foto: Yenny Mustika Sari/detikfood
Jakarta -

Ternyata Indonesia memiliki nasi kuning yang berbeda di setiap daerah. Salah satunya nasi kuning khas Manado yang penyajiannya pakai daun woka.

Kuliner Manado memang sangat banyak, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Diantara banyaknya kuliner, ada hidangan 'one dish meal' asal kota di Sulawesi Utara itu yang jadi favorit.

Nasi kuning khas Manado berbeda dengan nasi kuning pada umumnya. Hidangan ini tidak seperti nasi kuning Jawa yang dilengkapi lauk oseng tempe, bihun goreng, telur, hingga ayam.

Mungkin belum banyak yang tahu bagaimana rupa nasi kuning Manado. Nyatanya memang nasi kuning ini memiliki keunikan tersendiri, berikut ini penjelasannya:

1. Memakai empu kunyit

Nasi kuning khas Manado tak berbedajauh dari nasi kuning lainnya. Nasi kuning manado juga dibuat dengan santan dan bumbu kunyit. Tetapi bukan kunyit biasa, tetapi empu kunyit yang tua. Karenanya warna nasi kuning Manado kuning tua dengan aroma rempah yang sedap.

Apalagi dimasak dengan tambahan serai, daun jeruk dan lengkuas. Setelah nasi matang, nasi kuning ini disajikan dengan seperti abon ikan cakalang, kering kentang, suun atau bihun goreng dan telur rebus serta sambal.

2. Lauk Ikan Cakalang

Nasi Kuning ManadoBeda dengan nasi kuning Manado yang disajikan dengan lauk ikan cakalang yang biasa disajikan dalam suwiran yang dibumbui cabe dan yang paling umum adalah abon cakalang yang halus, gurih dan pedas. Foto: detikFood

Nasi kuning khas Jawa umumnya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng ungkep goreng atau ayam serundeng, oseng tempe, bihun goreng, telur, dadar dan lain sebagainya.

Beda dengan nasi kuning Manado yang disajikan dengan lauk ikan cakalang yang biasa disajikan dalam suwiran yang dibumbui cabe dan yang paling umum adalah abon cakalang yang halus, gurih dan pedas.

Manado, Sulawesi Utara memang terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Tak heran jika beberapa makanan laut seperti ikan cakalang sering dijadikan lauk.

Simak Video 'Menikmati Makanan Khas Manado di Kafe Industrialis di Bintaro':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT