ADVERTISEMENT

Anak Kos Tunjukkan Bisa Makan Hemat Rp 3.000 untuk 2 Hari

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 03 Agu 2022 10:30 WIB
Tips belanja hemat Rp 3.000
Foto: TikTok @yunusaudi
Jakarta -

Dengan uang Rp 3.000, anak kos ini menunjukkan bisa buat belanja hemat untuk makan selama 2 hari. Begini caranya!

Mengatur keuangan menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi anak kos. Pengaturan keuangan harus disisihkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan dari pagi hingga malam.

Pengguna TikTok @yunusaudi yang merupakan anak kos di Malang, Jawa Timur menunjukkan bahwa ia bisa hemat urusan makan. Menurutnya, agar lebih hemat sebaiknya jangan membeli makanan jadi, melainkan masak sendiri.

Dengan memasak, makanan dapat dimakan berkali-kali. Selain itu, bahan masakan sisa dapat digunakan di kemudian hari. Dalam video TikToknya ia menunjukkan belanja Rp 3.000 bisa untuk dua hari.

Baca Juga: Demi Hemat Uang Belanja, Wanita Ini Bikin Kebun Sayur di Rumah

Tips belanja hemat Rp 3.000Tips belanja hemat Rp 3.000 Foto: TikTok @yunusaudi

Dalam video yang telah dikonfirmasi detikFood (02/08) ia memanfaatkan uang Rp 3.000 untuk belanja bahan-bahan sayur sop. Ada kol, buncis, wortel, daun bawang dan seledri.

Sementara di kosnya ia sudah memiliki stok minyak goreng, beras dan bumbu. Bahan-bahan sayur sop tersebut tidak dimasak semuanya, melainkan disisakan untuk hari lain.

Ia memulai dengan mengiris bawang merah dan bawang putih. Kemudian dilanjut membersihkan sayuran dan memotong kecil-kecil. Selanjutnya menumis bumbu dengan tambahan garam, gula dan air.

Baru setelahnya memasukkan sayuran yang sudah dipotong-potong. Sayuran itu pun cukup satu mangkuk dan dapat dimakan dua kali karena porsinya yang banyak.

Baca Juga: Tips Belanja Hemat, Rp 100.000 untuk Stok Bahan Masakan Seminggu

Tips belanja hemat Rp 3.000Tips belanja hemat Rp 3.000 untuk beli sayur sop. Foto: TikTok @yunusaudi

Ia menegaskan bahwa Rp 3.000 itu memang tidak mencakup bahan-bahan lain, seperti beras, minyak dan bumbu. Itu karena ia sudah memiliki stok sisa dari pembelian sebelumnya.

"Biasanya aku beli beras 1 kg itu cukup buat seminggu, harganya Rp 10.000. Terus beli bumbu juga Rp 10.000 yang isinya ada bawang merah dan bawang putih," ujarnya.

Nah, tips agar bisa hemat dalam penggunaan bumbu adalah ada pada cara menyimpannya. Ia menyarankan untuk menyimpan bawang merah dan bawang putih di suhu ruang.

"Jangan simpan di tempat lembab atau di kulkas, karena itu bikin busuk dan nantinya malah terbuang jatuhnya jadi rugi," lanjutnya.

Video TikToknya pun ramai dikomentari netizen. Banyak netizen yang membandingkan dengan pengeluaran mereka untuk makan.

"Itu Rp 3.000 isinya banyak banget. Di sini Rp 5.000 sedikit banget ya Allah," tulis netizen.

"Kalau ngekos sendiri emang cukup-cukup aja sih masak Rp 3.000. Tapi kalau udah bareng temen, apalagi temannya pelit itu susah," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Khusus Anak Kos, Ini Cara Hemat Belanja Makan Rp 25.000 untuk 3 Hari



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT