ADVERTISEMENT

Dapat Besek Kue dari Acara Tahlilan, Video Unboxingnya Bikin Ngakak

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 02 Agu 2022 18:00 WIB
Dapat Besek Kue dari Acara Tahlilan, Video Unboxingnya Bikin Ngakak
Foto: Twitter/TikTok
Jakarta -

Besek berisi makanan dan kue dari acara tahlilan memang sudah biasa. Tapi video anak kecil ini ketika unboxing besek kue yang dia dapatkan berhasil mengundang tawa.

Tahlilan merupakan upacara selamatan yang dilakukan sebagian besar umat Islam, untuk mendoakan serta memperingati orang yang telah meninggal. Mulai dari acara tahlilan di hari ke-7 sampai ke 100 hari.

Tahlilan ini memiliki budayanya sendiri di setiap daerah. Tapi rata-rata para tamu yang datang untuk mendoakan mendiang, akan mendapatkan besek berupa makanan, sembako, sampai aneka kue. Ada juga besek makanan yang dilengkapi uang.

Seperti video viral seorang bocah melakukan video unboxing besek kue yang diterimanya, dari acara tahlil yang memperingati 40 hari meninggalnya salah satu warga yang tinggal di sekitar rumahnya.

Video ini pertama kali diunggah di TikTok, namun viral di Twitter lantaran dibagikan ulang oleh banyak akun di Twitter. Bahkan video ini mendapatkan lebih dari 21,9 ribu likes (01/08).

Baca Juga: Unboxing Nasi Berkat Tahlilan, Pria Ini Terkejut Dapat Uang Rp 300.000" selengkapnya

Dapat Besek Kue dari Acara Tahlilan, Video Unboxingnya Bikin NgakakDapat Besek Kue dari Acara Tahlilan, Video Unboxingnya Bikin Ngakak Foto: Twitter/TikTok


"Oke guys sekarang kita mau unboxing kotak 40 hari, terima kasih yang sudah meninggal, kamu baik sekali," ucap bocah tersebut dengan logat Sulawesi yang kental.

Dalam video singkat tersebut, tampak kotak besek dengan bentuk kerucut lengkap dengan motif dan tulisan biru. Tertulis di kotak tersebut: 'Memperingati Hari ke-40 Almarhum/Mah'.

Berbeda dengan besek tahlilan lainnya, yang didapatkan bocah ini adalah besek berisi kue kering. Di dalam besek itu ada tiga buah kue kering dengan motif bulat dan hati, lengkap dengan hiasan cokelat.

Namun anak itu berjerit kecewa ketika ia mencari-cari amplop berisi uang yang biasanya diselipkan di besek tersebut.

"Yah gak ada, eh ini ada deh, terima kasih yang sudah meninggal. Terima kasih yang sudah meninggal," ucapnya dengan senang, sambil menunjukkan koin seribu rupiah yang di dapatkannya.

Kata-kata ucapan terima kasih inilah yang membuat video bocah ini viral di Twitter dan media sosial lainnya. Banyak netizen yang tertawa dengar ucapan terima kasih bocah tersebut, yang mengucapkan rasa bersyukurnya ke orang yang sudah meninggal.

Dapat Besek Kue dari Acara Tahlilan, Video Unboxingnya Bikin NgakakDapat Besek Kue dari Acara Tahlilan, Video Unboxingnya Bikin Ngakak Foto: Twitter/TikTok


Tidak dijelaskan secara pasti asal-usul video itu berasal, namun banyak netizen yang menyangka bahwa video itu berasal dari daerah Gorontalo sekitarnya.

"Ini di Gorontalo. Nama paketnya 'bako hati'. Bisa paham banget sama rasa bahagianya anak itu, berasa menang jackpot. Apalagi kalau yang meninggal keluarga dekat, langsung kaya raya gegara sisa recehan bakohati masuk kantong semua," kenang netizen @ar**.

"Bisa bisanya nih bocah bilang terima kasih buat yang sudah meninggal," komen @kun**.

"Yang dia cari sampe bilang makasih ke orang meninggal ternyata cuma koin seribu. Padahal cookies sama kue keringnya keliatan enak," pungkas @le**.

Menelusuri tradisi yang ada di Gorontalo. Bako hati memiliki arti 'kotak hati', desainnya khas dengan bentuk kerucut berwarna biru yang khusus diisi dengan aneka kue dan uang logam. Bako hati hanya muncul di acara tahlil atau selamatan di hari ke-40 mendiang.

Baca Juga: Unboxing Nasi Berkat Tahlilan, Pria Ini Terkejut Dapat Uang Rp 300.000" selengkapnya



Simak Video "Sensasi Menikmati Mie Pangsit Ijo di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT