ADVERTISEMENT

Sejarah 5 Makanan Paling Populer di Dunia, Churros hingga Es Krim

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 29 Jul 2022 08:00 WIB
Resep Churros Saus Cokelat
Foto: iStock
Jakarta -

Asal usul makanan populer di dunia ternyata banyak yang belum tahu. Seperti popularitas donat, pasta hingga es krim yang ternyata berasal dari beberapa negara berbeda.

Membicarakan masalah makanan, ada banyak penggemar kuliner yang masih banyak belum tahu tentang asal usul. Atau sejarah makanan sebenarnya.

Banyak makanan populer yang ada di berbagai negara di dunia. Seperti donat, pasta hingga es krim.

Beberapa makanan ini memiliki banyak sejarah hingga tempat asal negara yang menarik. Seperti yang dilansir dari Boredpanda (28/07).

1. Donat

Three donut sprinkled with powdered sugar on wooden table on black background closeup. Food backgroundThree donut sprinkled with powdered sugar on wooden table on black background closeup. Food background Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV

Donat sudah menjadi makanan yang populer dan digemari banyak orang. Tak hanya di Amerika saja, tapi hingga ke negara Asia, termasuk di Indonesia.

Namun banyak yang menyangka bahwa donat berasal pertama kali dari New York, Amerika pada tahun 1800an. Padahal sejarah aslinya, donat ini pertama kali diciptakan di Yunani pada tahun 776 BC.

Donat pertama kali dikenal dengan nama Loukoumandes, bentuknya bulat-bulat kecil seperti bola. Donat Yunani ini disebut jenis dessert yang paling tua di dunia. Kemudian berkembang menjadi donat dengan bentuk bulat dengan bolongan seperti yang sekarang kita kenal.

2.Es Krim

es krim picu kolesteroles krim Foto: Getty Images

Membicarakan es krim atau gelato, orang-orang pasti berpikir bahwa hidangan dessert manis ini berasal dari Italia. Padahal menurut sejarah, es krim ini diciptakan dengan cara tak sengaja oleh orang-orang Mongolia yang menunggang kuda di tahun 1200.

Dikabarkan bahwa orang-orang Mongolia ini membawa susu banteng atau atau sapi liar melewati gurun Gobi, dengan beberapa wadah atau kontainer. Namun ketika suhu udara menurun, wadah-wadah ini jadi membeku.

Begitu juga dengan susu-susu ini yang teksturnya mengeras tapi tetap creamy. Baru di tahun 1925, orang Italia mulai menciptakan versi terbaru es krim hingga gelato yang populer hingga saat ini.

3. Pasta

Pasta identik sebagai makanan nasional di Italia, namun siapa yang sangka bahwa pasta sebenarnya pertama kali ditemukan di China ribuan tahun yang lalu.

Asal-usulnya bisa dilacak dari kemunculan pasta di Italia pada abad 13, yang dikenalkan oleh orang-orang Eropa yang berkunjung ke sana. Sementara orang-orang ini mengenal pasta dari orang-orang Arab yang suka berpergian.

Kemudian jenis pasta ini di Asia lebih dikenal sebagai mie telur. Mie telur sudah menjadi bagian dari menu makanan orang China, ribuan tahun lalu. Namun karena banyak dikonsumsi oleh orang Italia, dan orang Italia pun memiliki racikan pasta tersendiri, jadi pasta melekat sebagai budaya kuliner di Italia.



Simak Video "Icip-icip Donat Bomboloni Isi Red Velvet hingga Lotus"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT