ADVERTISEMENT

Roti dan Kue Kuno dengan Rasa Klasik Kembali Populer

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 26 Jul 2022 13:30 WIB
Artisanal bakery: Fermenting dough for Jam Bread or Pan de Jamon a Venezuelan traditional Christmas food.  Artisanal bakery is bread made by a craftsperson using mainly traditional techniques. Also, it is usually made by hand, however, many artisanal bakeries use also electrical mixers and dividers. The bakers who do everything by hand tend to draw a line differently than the bakers who use lots of automated equipment. Artisanal bakery, only made by hand, is part of the romantic and traditional way of cooking from old times. Pan de Jamon ingredients: Dough, Smoked Ham, baked Bacon, raisins, eggs, butter and olives.
Foto: iStock
Jakarta -

Di tengah gempuran toko kue dan bakery modern, masih banyak toko kue legendaris. Menjual aneka roti dan kue jadul yang memiliki banyak pelanggan setia hingga sekarang.

Mirip dengan kafe dan restoran, toko kue modern bertebaran di mana-mana. Mulai dari toko kue franchise dari luar negeri, sampai bakery kekinian yang semua kreasi kue dan rotinya Instagrammable.

Namun masih banyak bakery dan toko kue klasik yang berdiri sejak puluhan tahun lalu. Banyak juga bakery baru yang khusus menciptakan aneka kue dan roti jadul yang banyak penggemarnya.

Dilihat dari sejarahnya, perkembangan bakery dan toko kue di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak dulu. Roti disebut sebagai salah satu makanan tertua di dunia yang diperkirakan sudah ada sejak 8000 SM di daerah Timur Tengah, tepatnya di Mesir.

Baca Juga: Bertahan Lintas Generasi, Ini 10 Toko Roti Legendaris di Indonesia" selengkapnya

Artisanal bakery: Fermenting dough for Jam Bread or Roti Jadul. Foto: iStock


Sementara roti baru dikenal di Indonesia, sekitar tahun 1930 awal ketika Belanda mengenalkannya ke masyarakat Indonesia. Karena dulu roti merupakan makanan pokok orang Belanda yang tidak terbiasa makan nasi.

Dari sana muncul beberapa pembuat kue tradisional di Indonesia. Seperti Roti Tan Ek Tjoan yang didirikan tahun 1930 di Bogor. Toko roti yang didirikan oleh pedagang keturunan Tionghoa ini masih eksis hingga sekarang, lengkap dengan kreasi roti jadul yang mempertahankan ciri khasnya.

Namun jika digali lebih dalam, perkembangan roti dan bakery di Indonesia sudah ada sejak tahun 1898. Tepatnya di kota Purwokerto, yang dikenal dengan nama Roti Go dan masih buka hingga sekarang, dijalani oleh generasi ketiga keluarga Go Kwee Ka, selaku pemilik toko Roti Go.

Selain di Puwokerto, ada banyak toko kue jadul lainnya. Di Jakarta, Bogor sampai Bandung. Di Jakarta misalnya, ada puluhan toko kue dan bakery yang legendaris dan menjual aneka roti hingga kue tradisional.

Seperti Maison Weiner Cake Shop di daerah Kwitang, yang jadi toko kue tertua di Jakarta sejak tahun 1936. Kemudian ada toko kue Okky Bakery yang dibuka pertama kali di tahun 1975, populer di era 80-an dan bertahan sampai sekarang.

Toko Roti Tegal: toko roti legendaris sejak 1968 yang tawarkan aneka roti jadul.Toko Roti Tegal: toko roti legendaris sejak 1968 yang tawarkan aneka roti jadul. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kemudian banyak toko kue jadul yang membawa pembelinya untuk nostalgia, lewat aneka roti dan kue-kue klasik yang jarang ditemukan di toko kue modern.

Salah satu toko kue legendaris yang terkenal di Jakarta ada Toko Roti Tegal di Matraman yang buka sejak 1948. Kemudian tak ketinggalan toko kue populer klasik seperti Suisse Bakery dan Sakura Anpan di Jakarta Pusat yang memiliki pelanggan setianya.

Selain bakery lama, ada jugabakery baru yang fokus menjual kue dan roti kuno. Seperti di daerah Tangerang ada Roti Kebanggaan yang dulu dikenal dengan nama Bungsu Bakery. Meski toko kue ini baru dibuka dari tahun 2018, namun toko kue ini sangat digemari karena menyajikan roti dan kue jadul yang bikin kangen.

Di ulasan kali ini detikFood akan membahas tuntas tentang kreasi kue dan roti yang ada di bakery serta toko kue legendaris.
Lengkap dengan rekomendasi bakery legendaris pilihan, kemudian rekomendasi pilihan roti dan kue yang enak dan pastinya bikin kita nostalgia saat mencicipinya.

Untuk itu pantau terus berbagai artikel menarik di detikFood seputar bakery dan toko kue jadul di pekan ini.

Baca Juga: Toko Roti Tegal: Empuk Manis Roti Cokelat Jadul Buatan Toko Roti Kuno" selengkapnya



Simak Video "Penampakan Pisang Rojo Sewu yang Panjangnya 2 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT