ADVERTISEMENT

TikToker Malaysia Ini Bikin Sambal Tempe, Kreasinya Viral

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 11 Jul 2022 14:30 WIB
Sambal tempe ala TikToker Malaysia
Foto: TikTok @umecikin
Jakarta -

Tempe bisa diolah dengan berbagai cara. Salah satu olahan yang nikmat dijadikan sambal untuk teman makan nasi. Ini kreasi sambal tempe buatan TikToker Malaysia.

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Selain di Indonesia, tempe juga populer di beberapa negara. Seperti Malaysia, Singapura, Jepang hingga Korea.

Dilansir dari Says (1/7), olahan tempe sangat beragam, bisa digoreng, dijadikan campuran sayur, hingga sambal. Seperti sambal tempe yang diracik oleh TikToker asal Malaysia. Ia mengunggah tutorialnya di akun @umecikin.

Netizen itu menyebutkan kalau sambal tempe buatannya ini sangat mudah dibuat. Apalagi bahan-bahannya juga mudah didapat.

Sambal tempe ala TikToker MalaysiaSambal tempe ala TikToker Malaysia Foto: TikTok @umecikin

Ia menggunakan beberapa potong tempe yang digoreng terlebih dahulu. Saat menggorengnya juga tidak sampai terlalu kering.

Baca Juga: Zonk! Berharap Dapat Durian Tebal Legit yang Didapat Sebesar Mutiara

Saat menunggu tempe goreng matang, ia membuat sambalnya. Ia menumbuk ikan teri sampai halus. Setelah itu, ia menambahkan bahan untuk membuat sambal. Seperi bawang merah, bawang putih, dan cabe.

Setelah sambal tercampur merata dan tempe goreng matang, lalu kedua bahan itu dicampur jadi satu. Lalu, ditumbuk kembali hingga agak halus.

Untuk menikmati sambal tempe ini harus dimasak terlebih dahulu. Racikan sambal tempe itu ditumis dengan minyak yang cukup.

Dimasak sambal tempe berubah warna. Bisa juga sampai bahan campurannya agak layu. Ditambahkan bumbu penyedap, seperti garam dan micin. Sambal siap disantap dengan nasi hangat.

Sambal tempe ala TikToker MalaysiaSambal tempe ala TikToker Malaysia Foto: TikTok @umecikin

Baca Juga: Asri Welas Turun BB 30 Kg, Ini Momennya Saat Makan Bareng Keluarga di Rumah

Sambal ini bisa dinikmati dengan lauk pendamping lainnya, seperti ayam goreng, ikan goreng, telur dadar, atau kerupuk. Agar makin nikmat bisa juga menambahkan lalapan selada, timun, dan kemangi.

Tak seperti sambal tempe Indonesia yang biasa diracik dengan sambal berbumbu kencur dan bawang putih. Tempe goreng atau bakar dimemarkan langsung di atas sambal tanpa dimasak lagi. Disajikan dengan daun kemangi.

Sambal tempe ala TikToker MalaysiaSambal tempe ala TikToker Malaysia Foto: TikTok @umecikin

Racikan sambal tempe buatan netizen Malaysia ini viral di TikTok. Sampai berita ini dituliskan sudah ditonton lebih dari 700 ribu kali. Banyak juga netizen yang ingin mencontek resepnya untuk disantap.

"Wah sambalnya kelihatan sedap banget!" komentar netizen.

"Mudah sekali bikinnya, mau coba lah," sahut netizen lain.

Baca Juga: Mengecoh! 10 Makanan Ini Pakai Nama Negara Tak Sesuai Asalnya



Simak Video "Sambal Bakar Indonesia Racikan TikToker yang Pedas Menyengat"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT