ADVERTISEMENT

Es Krim 'Hermes' Asal China Ini Tak Bisa Meleleh Meski Dibakar

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 08 Jul 2022 13:30 WIB
Es Krim Hermes Asal China Ini Tak Bisa Meleleh Meski Dibakar
Foto: SCMP
Jakarta -

Es krim mewah asal China ini tak bisa meleleh meski dibakar atau kena suhu panas. Banyak pendapat kontraversial soal es krim yang satu ini.

Es krim identik dengan suhu dingin yang akan langsung meleleh jika terpapar suhu hangat, apalagi suhu panas. Namun baru-baru ini ada produk es krim mewah dan mahal dari China, yang hujan kritik dan tuai kontroversi.

Dilansir dari SCMP (07/06), es krim ini ditampilkan di video yang diunggah oleh salah satu netizen. Mereka mencoba membakar es krim mewah dengan nama Zhong Xue Gao, dengan korek api tapi tidak bisa meleleh sama sekali.

Baca Juga: Thailand Berhasil Produksi Kaviar dengan Harga Lebih Murah" selengkapnya

Ketika bagian api ini membakar es krim, teksturnya tetap kokoh meski muncul aroma makanan terbakar. Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa netizen ini membakar varian es krim Zhong Xue Gao rasa kelapa.

Meski es krim sudah terpapar suhu panas hingga 31 derajat selama 50 menit lamanya, tapi es krim itu tak kunjung meleleh.

Tentunya eksperimen ini mengundang banyak pertanyaan, dengan video es krim sudah ditonton lebih dari 500 juta kali di situs Weibo.

Bukan tanpa alasan netizen heboh dengan penemuan. ini. Es krim Zhong Xue Gao, disebut sebagai 'Hermes' versi es krim di China. Es krim stik asal Shanghai ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan es krim lainnya. Harganya 20 yuan (Rp 45.000).

Es Krim 'Hermes' Asal China Ini Tak Bisa Meleleh Meski DibakarEs Krim 'Hermes' Asal China Ini Tak Bisa Meleleh Meski Dibakar Foto: SCMP

Sementara untuk produk es krim Zhong Xue Gao lainnya yang lebih premium harganya dijual di angka 70 yuan (Rp 156.000) atau lebih mahal lagi.

Penemuan ini membuat pihak pemerintah Shanghai turun tangan, lewat perwakilan Shanghai Market Supervision and Management Bureau, yang bertugas mengawasi produk yang beredar di pasaran Shanghai.

"Hasil tes dari lembaga pengujian yang lebih profesional harus dibutuhkan. Lewat mata telanjang, memang es krim ini tidak bisa meleleh. Tapi kesimpulan dan penjelasan di balik fenomena ini, lebih baik jika didukung dengan data ilmiah," ungkap perwakilan Shanghai Market Supervision.

Tentunya pihaknnya masih menelusuri lebih lanjut tentang kebenaran video yang beredar.

Untuk bahan-bahan es krim ini sebenarnya tidak ada yang aneh. Dalam penejelasan situs perusahaan Zhong Xue Gao. Varian es krim kelapa yang tidak bisa meleleh ini dibuat dari susu, krim, buah kelapa, bubuk susu, dan susu kental. Sekitar 40% dari es krim ini berasal dari bahan padat.

Setiap bungkus es krim stik ini, beratnya sekitar 78 mengandung sedikit ekstrak rumput laut dan 0.0034 karagenan yang juga berasal dari ekstraksi rumput laut, dan kandungan ini masih sesuai dengan standard peraturan nasional yang berlaku.

Karagenan memang biasa digunakan untuk es krim dan minuman. Meski bubuk ini sering dikaitkan dengan penyebab kanker hingga penyakit lainnya, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk klaim ini.

Sampai sekarang kasus tentang tidak melelehnya es krim ini masih menarik perhatian publik di China.



Simak Video "Makan Nasi Padang Murah Meriah di Dekat Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT