ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Racikan Kopi Tradisional yang Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 15:00 WIB
7 Racikan Kopi Tradisional yang Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!
Foto: Wonderful Indonesia

4. Kopi Kawa Daun, Tanah Datar

Berbeda dengan kopi yang biasanya, Kopi Kawa Daun khas Tanah Datar ini tidak dibuat dengan seduhan biji kopi. Sesuai dengan namanya, Kopi Kawa Daun justru dibuat dari seduhan daun tanaman kopi yang cara penyeduhannya mirip seperti cara menyeduh teh.

Setelah diseduh, kopi akan disajikan pada batok kelapa yang sudah dibersihkan yang dipercaya dapat menambahkan aroma segar dan nikmat secara alami dari kopinya sendiri. Kopi Kawa Daun ini terbiasa disajikan dalam kondisi pahit, baru kemudian disediakan gula pada wadah terpisah bagi yang ingin kopinya lebih manis.

5. Kopi Manggar, Belitung

Banyak wisatawan kota Belitung yang mengaku belum lengkap rasanya jika pergi ke Belitung belum sempat mencicipi kopinya. Berbeda dengan kopi tradisional lainnya, kopi di Belitung ini tidak diseduh langsung dalam gelas.

Bubuk kopi akan dimasukkan ke dalam saringan yang terbuat dari kapas, kemudian disiram dengan air panas. Setelah itu, saringan ini akan diangkat untuk menghasilkan air kopi yang hitam pekat. Ciri khas kopi manggar ini adalah tidak diseduh untuk lebih dari 5 gelas dan kesegaran seduhan kopinya begitu dijaga.

7 Racikan Kopi Tradisional yang Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!Tidak hanya diseduh dengan air panas, kopi joss di Yogyakarta juga dilengkapi sebongkah arang panas. Foto: Wonderful Indonesia

6. Kopi Joss, Yogyakarta

Tidak hanya Malioboro, di Yogyakarta juga ada salah satu sajian kopi yang terkenal bernama kopi joss. Kopi joss memiliki ciri khas dari cara pembuatannya yang cukup unik.

Kopi yang banyak ditemukan pada penjual angkringan kaki lima ini menggunakan arang yang dicelupkan ke dalam cangkir kopinya. Pertama-tama kopi akan dibuat seperti penyeduhan kopi pada umumnya, baru penjualnya akan memasukkan sebongkah arang yang panas ke dalam gelas.

7. Kopi Durian, Lampung

Terkenal sebagai buah eksotis dari Asia, durian ternyata bisa dimanfaatkan menjadi racikan kopi yang enak di Lampung. Kopi durian yang populer di Lampung ini dibuat dari racikan biji kopi robusta Lampung yang dihaluskan kemudian ditambah dengan ekstrak buah durian.

Racikan kopi yang satu ini memang cukup sering dipandang sebelah mata karena perpaduan yang dinilai aneh. Tetapi tidak sedikit orang yang mencicipinya justru jatuh hati dengan racikan kopi khas Lampung. Bahkan kopi durian kemasan kini juga populer sebagai salah satu oleh-oleh dari kota Lampung.



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT