ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Racikan Kopi Tradisional yang Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 15:00 WIB
7 Racikan Kopi Tradisional yang Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!
Foto: Wonderful Indonesia
Jakarta -

Tidak hanya kulinernya yang kaya, Indonesia juga punya racikan kopi unik. Mulai dari kopi yang disajikan terbalik hingga diracik dengan telur, semuanya cuma ada di Indonesia!

Sebagai negara dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi, Indonesia ternyata tidak hanya sekadar kaya akan tanaman dan rempah-rempahnya. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki biji kopi yang khas dan hanya tumbuh di daerah tersebut.

Biji kopi ditemukan di daerah tertentu juga diolah dengan cara lokal yang unik. Ada yang disajikan dengan posisi gelas terbalik, diracik dengan campuran telur hingga berbagai racikan tradisional lainnya.

Racikan kopi tradisional yang unik ini menjadi salah satu bagian dari kekayaan budaya kuliner Indonesia yang patut dijaga dan diapresiasi. Setidaknya ada 7 dari banyak racikan kopi menarik asal Indonesia yang direkomendasikan untuk dicicipi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berikut ini 7 racikan kopi lokal yang keunikannya hanya ada di Indonesia menurut Wonderful Indonesia:

7 Racikan Kopi Tradisional yang Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!Disajikan secara terbalik, ada hidangan kopi unik dari Aceh. Foto: Wonderful Indonesia

1. Kopi Tabalek, Aceh

Aceh dikenal dengan salah satu biji kopi andalannya yang berjenis Arabika. Biji kopi bernama Arabika Gayo bahkan begitu terkenal di pasar kopi dunia. Ternyata bukan hanya biji kopinya, ada juga sajian kopi khas Aceh yang patut dicoba.

Kopi tabalek disajikan dengan cara segelas kopi dalam posisi terbalik. Jika biasanya sedotan digunakan untuk menyeruput minuman, pada kopi yang satu ini kehadiran sedotan digunakan untuk meniup kopi agar keluar dari gelasnya. Kemudian, kopi baru bisa dinikmati dengan cara diminum dari mangkuknya.

2. Kopi Takar, Mandailing Natal

Sebuah racikan kopi khusus yang dikenal dengan sebutan kopi takar ini hanya bisa ditemukan di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Kopi takar disajikan pada sebuah cangkir yang terbuat dari batok kelapa yang sudah dibersihkan dan dihaluskan.

Untuk bisa menikmatinya, kamu harus menyeruput kopi melalui sebatang kayu manis yang sengaja disiapkan seolah menjadi sedotan tradisional. Racikan seperti ini ternyata dapat membuat kopi menjadi lebih kaya rasa dan menyeruputnya melalui batang kayu manis memberikan aroma dan sentuhan yang unik saat kopi masuk ke dalam mulut.

3. Kopi Talua, Padang

Mencampurkan kuning telur mentah ke dalam makanan atau minuman bukan hal yang banyak disenangi para penikmat makanan. Tetapi menambahkan sebutir kuning telur pada kopi justru membuat kopi khas Minang ini lebih istimewa.

Di Padang ada racikan kopi yang dikenal dengan nama kopi talua yang merupakan racikan kopi hitam panas, ditambahkan dengan kental manis, bubuk kayu manis dan sebutir kuning telur juga dilengkapi dengan jeruk. Sebelum disajikan, kopi ini dikocok hingga berbusa dan rasanya akan lembut ketika menyentuh lidah.

Racikan kopi tradisional khas Indonesia lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya.



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT