Nasi Padang Disebut Lebih Murah dari Nasi Warteg, Penggemar Warteg Protes

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 28 Mei 2022 14:01 WIB
Warteg Gang Mangga, Warteg Legendaris di Jakarta yang Buka Selama 24 Jam
Foto: detikFood
Jakarta -

Nasi warteg yang dianggap murah, kini justru disebut mahal. Bahkan banyak yang menyebut bahwa nasi warteg kini lebih mahal dari nasi rames Padang, yang membuat penggemar warteg tak setuju.

Warung Tegal atau warteg merupakan warung makan yang berisi aneka masakan rumahan yang murah dan terjangkau.Warteg identik dengan nasi rames yang murah meriah, dan kini warteg dinikmati berbagai kalangan.

Berbeda dengan nasi rames di rumah makan Padang, yang kisaran harganya memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga makanan di warteg. Misalnya dengan harga Rp 10.000, di warteg sudah bisa dapat nasi rames lengkap dengan sayur, tumisan sampai gorengan. Sementara di rumah makan Padang baru hanya dapat lauk belum dengan nasi dan sebagainya.

Tapi pandangan ini rupanya sudah berubah, sejak banyak yang menyebut nasi warteg kini mematok harga yang lebih mahal dibandingkan nasi rames di rumah makan Padang.

Baca Juga: Sensasi Warteg Masa Kini di Bintaro, Gak Kenyang Gak Pulang" selengkapnya

Seperti topik yang diunggah di akun sharing makanan @FOOD_FESS (27/05).

"Emang tuh warteg mahal, yang bilang warteg murah tolong berhenti berbohong. Kecuali kau ke warteg ambilnya nasi sama sayur doang, baru dah tuh murah," kritik cuitan tersebut.

Di cuitan itu terdapat, komplain dari salah satu netizen yang kaget saat mampir makan nasi warteg di daerah Trunojoyo. Ia makan dengan oseng kikil, tumis usus, tumis jamur, perkede, dan tumis sayur hijau yang totalnya Rp 35.000.

Warteg Kartini, Warteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk LebihMenu Warteg Foto: detikFood

Menanggapi hal ini, banyak penggemar warteg di Twitter yang tidak setuju dengan klaim bahwa nasi Padang kini lebih murah.

"Warteg emang murah kok. Selama kalian ambil lauknya mie, tumisan kering, sayuran dan gak pake daging-dagingan lalu minum air putih atau teh anget, gue yakin harganya gak bakal sampe Rp 25 ribu. Tapi kalau kalian ambil lauknya ikan, ayam, rendang dan perdagingannya ya siap aja bayar Rp 35 ribu," sanggah @_dh** yang juga menyebutkan, bahwa nasi Padang varian sayurnya tidak sebanyak di warteg.

"Lo kalo ke daerah kampus Binus, ada warteg Bahahari jejeran 24 jam. Makan sampe kenyang bego juga gak lebih dari Rp 20 ribu," bela @tem**.

Ada juga yang menyebutkan bahwa untuk bisa makan murah dan enak di warteg, orang-orang harus pintar memilih warteg.

Warteg Kartini, Warteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk LebihWarteg Enak Murah Meriah yang Punya 50 Lauk Lebih Foto: detikFood

"Pilih wartegnya yang murah. Ada warteg mahal, malah warteg kelas sultan yang harganya bisa sampe Rp 75 ribu. Jadi tergantung wartegnya ya," sambung @din**.

Menyoal warteg mahal, di Jakarta sendiri ada warteg yang terkenal dengan harga mahalnya dan selalu dipenuhi pengunjung. Namanya Warteg Gang Mangga, kalau mau makan warteg di sini siapkan budget sekitar Rp 50.000 - Rp 100.000. Karena patokan harga per lauknya mencapai angka Rp 25.000.

Baca Juga: 5 Fakta Warteg Gang Mangga, Warteg 'Sultan' Paling Mahal di Jakarta" selengkapnya



Simak Video "Warteg Legendaris Gang Mangga: Satu Sendok Petai Harganya Rp 15 Ribu!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)