Stok Ayam Langka, Warga Singapura Jual Menu Ayam Rp 12 Miliar!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 27 Mei 2022 19:00 WIB
Cara menggoreng fried chicken
Foto: iStock
Singapura -

Warga Singapura tengah panik lantaran pasokan ayam mulai langka. Mereka berbondong-bondong menjual menu ayam di situs jual beli online dengan harga tak masuk akal. Harganya capai Rp 12 miliar!

Singapura mengandalkan pasokan ayam segar dari Malaysia. Tak heran ketika ekspor ayam dari Malaysia ke negeri Singa terganggu, stok ayam di sana mulai langka.

Hal ini membuat banyak warga Singapura panik. Beberapa orang lantas melakukan tindakan gila dengan menawarkan menu ayam di situs Carousell. Entah bercanda atau tidak, ada yang menjual fried chicken hingga puluhan miliar!

Mengutip Coconuts (27/5), penjualan menu ayam dengan harga tak wajar ini sudah terjadi beberapa minggu belakangan, setelah Malaysia mengumumkan bakal stop mengirim ayam segar ke Singapura mulai bulan depan.

"Seiring dengan naiknya permintaan dan stok yang menurun, hanya tinggal 1 jenis ayam legendaris yang langka. Kesempatan terakhir untuk mencicipi ayam sebelum punah untuk generasi mendatang," tulis netizen pemilik akun Carousell, Nuclearbeast.

Ia juga menulis deskripsi, "Potongan daging ayam goreng terbatas yang langka". Harganya SGD 3.000 atau sekitar Rp 31,8 juta.

Stok Ayam Langka, Warga Singapura Jual Menu Ayam Rp 12 Miliar!Pengguna Carousell Singapura menjual harga menu ayam dengan harga gila-gilaan. Foto: Carousell via Coconuts

Lebih gila lagi, netizen juga menjual fried chicken KFC seharga SGD 1,2 juta atau sekitar Rp 12 miliar! Ia mencantumkan deskripsi "terbatas" dan "langka" untuk mengundang minat pembeli.

Baca Juga: Beli Nasi Padang Pagi Sore, TikToker Ini Habiskan Rp 178 Ribu Sekali Makan!

Daftar menu ayam mahal di Carousell Singapura berlanjut. Ada yang menjajakan chicken popcorn SGD 60.000 (Rp 637 juta), nasi ayam Hainan SGD 1.000 (Rp 10,6 juta), golden fried chicken SGD 20.000 (Rp 21 juta), hingga 4 potong McNugget ayam seharga SGD 500 (Rp 5,3 juta).

Untuk ayam segar, netizen tak segan mematok harga yang juga amat tinggi. Ada yang mematok SGD 2.000 (Rp 21,2 juta) untuk 2 ekor ayam. Lalu ada chicken wings goreng berlapis emas 24 karat seharga SGD 10.000 (Rp 106,2 juta).

"Setiap sayap ayam dilapisi dengan campuran rahasia kami dari 69 bumbu dan rempah-rempah sebelum digoreng dalam minyak yang sangat panas. Lucifer sendiri akan bangga," tulis _The_collector_.

Sejak Malaysia mengumumkan bahwa mereka bakal mengurangi ekspor ayam karena masalah pasokan selama berbulan-bulan dan kenaikan harga, banyak orang panik dan berakhir mengosongkan rak-rak ayam segar di supermarket Singapura. Beberapa penjual di pasar basah dilaporkan sudah menghadapi kekurangan.

Gawat! Harga Chicken Rice Makin Mahal, Banyak Gerai di Singapura Bakal TutupPasokan ayam di Singapura mulai langka karena Malaysia bakal mengurangi ekspor ayam ke sana. Foto: Getty Images/iStockphoto/showcake

Menteri Negara Kelestarian dan Lingkungan Singapura, Desmond Tan kemarin (26/5) meyakinkan warganya bahwa stok ayam mencukupi. Pihaknya juga mengatakan tak perlu menimbun ayam beku.

Dia mengatakan supermarket NTUC memiliki stok berbulan-bulan dan lebih banyak lagi yang akan datang. Masyarakat pun diminta tak panik.

Singapura diketahui mengimpor sekitar 34% ayamnya dari Malaysia. Sisanya didapat dari Thailand, Australia, Selandia Baru, Brasil, dan Amerika Serikat.

Efek langkanya pasokan ayam sebelumnya sudah dirasakan penjual chicken rice. Mereka terpaksa menaikkan harga dan ada juga yang mengatakan bakal menutup gerai sementara.

Baca Juga: Gawat! Harga Chicken Rice Makin Mahal, Banyak Gerai di Singapura Bakal Tutup



Simak Video "Jajal Sate Terenak di Lau Pa Sat Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)