ADVERTISEMENT

Rekomendasi Tempat Makan

Huaah! 5 Mie Ayam Cabe Uleg Pedas Mampus yang Murah dan Enak

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 18 Mei 2022 16:30 WIB
Mie uleg rio
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta -

Makan mie ayam lebih enak kalau ditambah dengan cabe rawit yang diulek langsung di mangkoknya. Seperti tempat makan mie ayam cabe uleg yang murah meriah tapi enak ini.

Variasi mie ayam ada banyak jenisnya, mulai dari mie ayam gaya Wonogiri, sampai mie ayam Bangka. Muncul juga varian mie ayam khusus bagi penggemar pedas, yang menambahkan tumbukan cabe rawit merah yang bisa dipesan sesuai permintaan pelanggan.

Di Jakarta dan sekitarnya ada banyak tempat makan mie ayam cabe uleg yang terkenal. Kata uleg diambil dari ulekan, atau tambahan cabe yang dihaluskan langsung di mangkok mie ayam berserta dengan bumbu mie ayam lalu diaduk rata.

Berikut lima rekomendasi mie ayam cabe uleg yang enak dan harganya murah meriah.

Baca Juga: Gokil! 5 Mie Ayam Berusia Lebih dari Setengah Abad Ini Masih Populer Enaknya" selengkapnya


1. Mie Uleg Rio

mie uleg riomie uleg rio Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Di warung Mie Uleg Rio, ada racikan mie ayam berbeda yang disajikan dengan ulekan sambal rawit. Tempatnya ada di Jakarta Timur, warung mie ayam ini tak pernah sepi pembeli. Hanya menjual mie ayam, Anda bisa memesan mie ayam dengan paduan bakso kecil, urat dan juga pangsit rebus.

Ciri khasnya terletak pada bumbu berwarna cokelat dicampurkan dengan cabai yang sudah direbus kemudian diulek hingga halus. Kemudian dicampur dengan mie dan potongan sawi hijau yang sudah direbus kemudian diaduk dengan mie sampai merata.

Mienya memiliki tekstur yang lembut namun agak kenyal dengan sensasi rasa gurih yang enak. Makin nikmati ditambah dengan sensasi rasa pedas yang bikin makan makin semangat. Toppingnya berupa potongan ayam berbumbu kecokelatan yang diberi cukup royal. Bumbunya meresap hingga ke dalam ayam. Harganya hanya Rp 20.000 saja sudah dapat mie dan pangsit rebusnya.

2. Mie Ayam Cabe Uleg

Bisa laku hingga ratusan porsi mie ayam dengan cabe uleg setiap harinya. Mie Ayam Cabe Uleg Rawamangun ini, bisa dibilang yang paling populer di antara barisan mie ayam cabe uleg lainnya di sekitar Jakarta.

Banyak food vlogger, hingga penggemar kuliner yang penasaran sendiri dengan citarasa mie ayam pedas dengan tumbukan cabe rawit yang bisa dipesan sesuai selera. Mie disajikan dengan gaya yamin dengan kuah terpisah. Rasanya manis gurih dan pedas dari rawitnya.

Di sini tersedia topping ayam yang cukup melimpah, serta tambahan tahu baksonya yang besar dan lumayan enak. Ada juga topping lain seperti bakso, ceker, pangsit rebus, sampai telor ayam. Kisaran harganya dari Rp 12.000 saja lho.

3. Mie Ayam Cabe Uleg 'Geluk'

mie uleg riomie Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Sama populernya seperti mie ayam cabe uleg di Rawamangun. Ada Mie Ayam Cabe Uleg 'Geluk' di Cempaka Putih, yang jadi incaran banyak orang seperti food blogger dan masih banyak lagi. Konsepnya memang mie ayam gerobakan, hanya saja di sini ulekan cabe rawitnya yang bikin nagih.

Di sini menggunakan cabe setan atau rawit merah yang terkenal sengatan pedasnya. Tak perlu harga mahal untuk bisa menikmati mie ayam uleg dengan kuah atau ala yamin. Dengan harga Rp 13.000 saja, sudah bisa makan mie ayam atau mie yamin dengan tambahan pangsit basah.

Kemudian ada juga tambahan bakso dan pangsit basahnya saja buat yang melengkapi sensasi pedas rasa mie ayam satu ini.



Simak Video "Suka Mie yang Gurih? Cobain Mie Ayam Bangka Asan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT