Dingin Segar Gelato

5 Gelato Rasa Lokal yang Unik, Ada Rasa Kecombrang hingga Kolak Pisang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 18 Mei 2022 14:32 WIB
Gelato Rasa Unik: kecombrang, kolak pisang, es teler
Foto: Instagram
Jakarta -

Meskipun berasal dari Italia, rasa dan bahan gelato dibuat dengan adaptasi rasa lokal Indonesia yang unik. Ada rasa kecombrang, asinan hingga kolak pisang.

Gelato merupakan es krim khas Italia yang terbuat dari bahan utama seperti susu, krim, dan gula. Variasi gelato biasanya ditambahkan buah-buahan, kacang, dan bahan lainnya.

Banyak gerai gelato di berbagai negara yang memiliki varian rasa unik, termasuk di Indonesia. Ada beberapa gerai yang meracik gelato dengan rasa lokal yang unik, seperti rasa kecombrang, tempe, hingga nasi uduk. Ternyata juga digemari.

Baca Juga: Indonesia Banget! Ada Gelato Rasa Nasi Uduk hingga Bumbu Pecel

Berikut 5 gelato yang diracik dengan bahan dan rasa lokal yang unik:

1. Rasa Nasi Uduk

Gelato Cita Rasa Indonesia, Ada Nasi Uduk dan Bumbu PecelGelato Cita Rasa Indonesia, Ada Nasi Uduk dan Bumbu Pecel Foto: detikvisual/TikTok @legato.gelato/Instagram @eatlinesby

Nasi uduk biasanya dinikmati sebagai hidangan utama dengan aneka lauk khas Betawi yang menggugah selera. Sensasi makan nasi uduk satu ini berbeda karena dihadirkan pada varian gelato.

Gelato unik rasa nasi uduk ini diperkenalkan oleh gerai Legato Gelato lewat sebuah video di akun TikTok @legato.gelato. Gelato itu langsung menarik perhatian. Warna gelatonya putih susu, sekilas mirip seperti varian vanilla.

Cita rasa gurih santan tercecap di lidah ketika merasakan sesuap gelato rasa nasi uduk ini. Mungkin, rasanya tak jauh berbeda dengan gelato rasa kelapa. Hanya saja diberi sentuhan bumbu rempah nasi uduk. Seperti daun salam dan serai.

2. Rasa Tolak Angin

Gelato Cita Rasa Indonesia, Ada Nasi Uduk dan Bumbu PecelGelato rasa tolak angin. Foto: TikTok @legato.gelato

Tolak Angin merupakan produk obat sirup yang memiliki manfaat dalam menyembuhkan tubuh meriang, sakit kepala, dan mual karena masuk angin. Obat ini sangat populer. Belakangan Tolak Angin banyak dikreasikan menjadi campuran dessert.

Salah satunya campuran untuk membuat gelato. Gelato rasa Tolak Angin ini juga pernah ditawarkan oleh Legato Gelato. Tak hanya gerai Legato Gelato saja yang pernah menawarkan varian Tolak Angin, tapi Hotel Tentrem yang berlokasi di Yogyakarta ternyata adalah pelopor gelato rasa Tolak Angin pada tahun 2014 lalu.

Kombinasi antara gelato dengan Tolak Angin menghasilkan rasa unik. Ada sensasi dingin semriwing mentol dan manis. Saat masuk ke tenggorokan sensasi hangat khas Tolak Angin langsung terasa.

Baca Juga: Medok Gurih! 20 Gado-gado Rp 10.000 Ada di Tempat Ini



Simak Video "Nongkrong Cantik Sambil Mencicipi Gelato Unik di Kafe Instagramable "
[Gambas:Video 20detik]