Kangina, Cara Alami Awetkan Buah Anggur hingga 6 Bulan Khas Afghanistan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 09 Mei 2022 11:30 WIB
Kangina, Cara Alami Awetkan Buah Anggur hingga 6 Bulan Khas Afghanistan
Foto: Instagram sciencesetfree
Jakarta -

Berabad-abad lalu saat belum ada teknologi kulkas, masyarakat Afghanistan punya cara alami untuk menjaga kesegaran buah anggur. Bernama kangina, begini cara mengawetkan anggur secara alami.

Ada banyak hal menarik mengenai sejarah makanan di dunia. Salah satunya ditunjukkan akun Instagram sciencesetfree (19/4) mengenai cara termurah mengawetkan makanan.

Video singkatnya memperlihatkan bagaimana masyarakat di utara Afghanistan masih mempraktikkan cara tradisional mengawetkan anggur. "6 bulan anggur disimpan (masih segar)," tulis admin akun yang khusus membahas ilmu pengetahuan ini.

Cara mengawetkan buah anggur itu tidak membutuhkan kantong, wadah kedap udara, kulkas, apa lagi freezer. Bernama kangina, cara ini hanya membutuhkan bahan lumpur yang kaya akan tanah liat.

Kangina, Cara Alami Awetkan Buah Anggur hingga 6 Bulan Khas AfghanistanKangina berbentuk seperti bongkahan roti, padahal merupakan tanah liat yang dikeringkan. Foto: Instagram sciencesetfree

Lumpur ini kemudian dibentuk mirip mangkuk dan dipanggang di bawah sinar matahari sampai kering. Butuh sepasang kangina untuk mengawetkan anggur.

Nantinya ketika kangina kering, anggur dimasukkan ke dalamnya dan ditutup dengan kangina lain. Jadilah berbentuk seperti bongkahan roti sourdough besar.

Kangina nantinya disimpan di area yang dingin, jauh dari sinar matahari. Beberapa orang juga memilih mengubur kangina di bawah tanah. Kangina dipakai untuk mengawetkan buah saat musim panas hingga ke musim dingin.

Saat mau dibuka, kangina tinggal dihancurkan perlahan sampai memperlihatkan isiannya. Tampak dalam video sciencesetfree, anggur yang disimpan dalam kangina masih segar dan warnanya seperti ketika pertama dipetik.

Teknik mengawetkan makanan ini konon sudah dipraktikkan selama beratus-ratus tahun, namun jarang ada yang mendokumentasikan atau meneliti soal kangina secara komprehensif.

Di wilayah geografis Afghanistan sendiri, anggur sudah ditanam sejak tahun 2000 Sebelum Masehi. Hal ini menjadikan Afghanistan sebagai salah satu daerah penanaman anggur tertua di dunia.

Kangina, Cara Alami Awetkan Buah Anggur hingga 6 Bulan Khas AfghanistanKangina bisa mempertahankan kualitas anggur selama 6 bulan. Foto: Instagram sciencesetfree

Kangina disebut-sebut sangat ampuh menjaga kualitas anggur hingga membuatnya tetap segar selama 6 bulan. Banyak netizen yang baru tahu soal kangina begitu takjub dengan teknik kuno ini.

Beberapa bahkan menduga-duga alasan ilmiah di baliknya. @suici menulis kangina bisa berhasil karena sifatnya yang kedap udara, terdapat kondisi isolasi suhu, dan terhalangnya sinar matahari. "Seperti kemasan Tetrapak gaya kuno," katanya.

Tak sedikit juga yang menyamakan kangina dengan teknik dan alat pengemasan modern. Mulai dari kantong ziplock hingga Tupperware yang kedap udara. "Seperti kantong ziplock kotor," sahut seorang netizen.



Simak Video "Geliat Produsen Sale Pisang Anggur di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)