Kuliner Mudik

Melintas di Serang, Mampir Dulu Makan Nasi Sumsum dan Rabeg Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 07 Mei 2022 12:00 WIB
Melintas di Serang, Mampir Dulu Makan Nasi Sumsum dan Rabeg Enak
Foto: Instagram belabeliumkm
Jakarta -

Bagi kamu yang yang melintasi Serang bisa mampir untuk makan enak. Di ibu kota provinsi Banten ini ada berbagai rekomendasi kuliner yang layak dicoba.

Serang menjadi kota yang dilintasi saat ingin wisata ke Pantai Anyer atau Carita. Di tempat ini, kamu bisa beristirahat untuk melepas lelah. Kalau mau mengisi perutpun bisa mencicipi berbagai kuliner khas Serang.

Ada beberapa rekomendasi kuliner ikonik khas Serang. Salah satunya sate bandeng yang lembut gurih karena dimasak dengan santan dan bumbu rempah. Sate bandeng kemudian dibakar hingga harum aromanya.

Kalau suka olahan daging kambing, cobalah rabeg khas Serang. Rabeg memiliki cita rasa manis, gurih, dan sedikit pedas. Rasanya nikmat disantap dengan nasi hangat.

Berikut 5 rekomendasi kuliner Serang yang patut dicoba:

1. Nasi Sumsum Mang Puri

Melintas di Serang, Mampir Dulu Makan Nasi Sumsum dan Rabeg EnakNasi Sumsum Mang Puri dibuat dengan campuran sumsum kerbau yang gurih enak. Foto: Instagram srielin

Nasi Sumsum Mang Puri tergolong kuliner Serang legendaris karena sudah ada sejak 1941. Bentuknya seperti nasi bakar dengan balutan daun pisang. Di dalamnya berisi nasi gurih dengan campuran sumsum kerbau.

Penggunaan sumsum kerbau bukan tanpa alasan. Konon sumsum ini lebih padat dibanding sumsum sapi dan tidak akan menyusut saat dimasak. Seporsi nasi sumsum disajikan bersama irisan mentimun, tomat, dan sambal kacang. Harganya tak lebih dari Rp 20 ribu per porsi.

Rasanya yang gurih sedikit pedas membuat banyak orang ketagihan. Supaya makin enak, jangan lupa pesan sate kerbau, sate sapi, dan otak-otak di sini.

Nasi Sumsum Mang Puri
Jl. Kapten Swardo Nomor 15 B
Kotabaru, Serang

2. RM Taman Taktakan Soup Ikan

Melintas di Serang, Mampir Dulu Makan Nasi Sumsum dan Rabeg EnakKalau mau cari hidangan segar, ciciplah sup ikan kuwe di RM Taman Taktakan Soup Ikan. Foto: detikfood

Sedang cari makanan berkuah segar? Mampirlah ke RM Taman Taktakan Soup Ikan di kawasan Kebon Jahe. Sesuai namanya, rumah makan ini punya menu andalan sup ikan. Harganya sekitar Rp 50 ribu untuk 1/2 porsi dan Rp 90 ribu untuk 1 porsi.

Sup ikan terlihat meriah dengan isian irisan daun bawang, bawang bombai, daun kemangi, cabe rawit hijau, bawang putih goreng, dan tomat hijau. Ikannya merupakan ikan kuwe yang dagingnya padat dan lembut. Rasanya asam segar!

Selain sup ikan, di sini juga ada woku belanga, ikan masak kuah asem, hingga ikan masak bumbu acar. Juga ikan bakar dan ikan goreng yang selalu jadi favorit untuk 'teman' menyantap nasi hangat.

RM Taman Taktakan Soup Ikan
Jalan Yusuf Martadilaga, Kebon Jahe
Serang, Banten
Telepon: 0254-210745

Baca Juga: RM Taman Taktakan: Segarnya Sup Ikan Kuwe dan Tempe Penyet yang Menyengat

3. Sate Bandeng RM Sampurna

Melintas di Serang, Mampir Dulu Makan Nasi Sumsum dan Rabeg EnakSate bandeng menjadi oleh-oleh khas Serang yang sayang dilewatkan. Foto: Instagram satebandengsampurna

Kuliner Serang berupa sate bandeng juga tak kalah legendaris. Konon hidangan ikan nan gurih ini sudah ada sejak abad ke-16, zaman Kesultanan Banten. Sultan Banten sangat suka ikan bandeng sehingga juru masak kesultanan membuatkannya.

Sate bandeng dibuat dengan menghancurkan ikan bandeng kemudian dicampur kuah santan dan aneka bumbu rempah. Selanjutnya campuran ini dimasukkan kembali ke ikan sehingga terlihat seperti ikan utuh dan dibakar.

Salah satu produsen sate bandeng terkenal adalah RM Sampurna yang sudah ada sejak 1975. Mereka menawarkan sate bandeng varian original dan pedas. Kualitasnya dijamin bagus karena sate bandeng disimpan di lemari pendingin agar lebih awet. Harganya sekitar Rp 35 ribu per buah.

Sate Bandeng RM Sampurna
Jl. Ahmad Yani No. 22
Telepon: 0853-1819-5873

Cek lagi rekomendasi kuliner Serang di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Sate Taichan Ayam dan Renyah di Kebon Jeruk"
[Gambas:Video 20detik]