Kuliner Mudik

Ayo Ngiras! Nasi Ayam Bu Wido yang Legendaris di Semarang

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 05 Mei 2022 14:30 WIB
Nasi Ayam Bu Wido
Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Semarang dikenal dengan kuliner nasi ayamnya. Kamu bisa mampir ke warung nasi ayam legendaris ini yang disajikan pakai pincuk daun pisang.

Semarang memiliki banyak kuliner khas yang membuat siapa saja rindu. Terutama para perantau yang kini mulai mudik ke Semarang. Salah satu kuliner yang selalu jadi andalan adalah nasi ayam.

Mungkin kamu dapat dengan mudah menemukan warung makan yang menawarkan nasi ayam. Namun, jika ingin yang penyajiannya unik bisa mampir ke warung Nasi Ayam Bu Wido yang legendaris.

Warung nasi ayam ini berlokasi Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Semarang, Jawa Tengah. Warungnya merupakan kaki lima dengan tenda sederhana.

Saat detikcom menyambangi lokasinya, warungnya ramai dipenuhi pengunjung. Areanya tidak terlalu luas, sehingga pengunjung bergantian makan di dalam warungnya.

1. Berawal dari Jualan Keliling

Nasi Ayam Bu WidoEko, pengelola warung Nasi Ayam Bu Wido Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho

Sesuai dengan namanya, Nasi Ayam Bu Wido merupakan usaha milik Wido. Kepada detikcom (19/04) Eko selaku pengelola warung Nasi Ayam Bu Wido menyebutkan bahwa warung ini didirikan oleh Wido di tahun 1960.

"Dari tahun 60 itu Bu Wido merintis sejak masih belia belum berkeluarga. Tapi jualannya itu keliling, door to door dari kampung ke kampung," ujar Eko.

Kemudian sekitar tahun 90-0an, Wido mulai berjualan menetap di warung. Hal tersebut juga merupakan usulan dari para langganannya agar nasi ayam Bu Wido mudah diakses.

"Kalau keliling kan pelanggan juga sulit nyarinya. Kalau udah menetap kan enak, mau cari tinggal datang ke warung," ujar Eko.

Baca Juga: Wajib Coba! Ini 5 Nasi Ayam Legendaris dan Paling Enak di Semarang

2. Sempat Pindah Tempat

Nasi Ayam Bu WidoPelayan di warung Nasi Ayam Bu Wido Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho

Lebih lanjut, Eko juga menceritakan bahwa dulu warung Nasi Ayam Bu Wido sempat berpindah tempat sebelum akhirnya menetap di Jalan Melati Selatan. "Dulu lebih kecil dari ini tempatnya," ujar Eko.

Nasi Ayam Bu Wido mulai menempati lokasi di Jalan Melati Selatan pada tahun 2008. Awalnya warung ini buka mulai sore hari, yakni dari pukul 16.30 sore hingga jam 00.00.

Namun, selama pandemi, ia buka dan tutup lebih awal mengikuti aturan pemerintah setempat yang menyebutkan bahwa tidak ada aktivitas di dalam hari untuk mencegah penyebaran.

"Buka setengah 4 sore sekarang. Tutupnya jam 11 jua udah selesai," ujar Eko.



Simak Video "Rahasia Kenikmatan Nasi Ayam Bu Wido di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]