Dua Tahun Tidak Mudik, Netizen Kangen Budaya Makan di Kampung Saat Lebaran

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 02 Mei 2022 14:00 WIB
Opor ayam, chicken cooked in coconut milk from Central Java, Indonesia. Served with lontong and sambal. Popular dish for lebaran or Eid al-Fitr
Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka
Jakarta -

Dua tahun terhalang pandemi COVID-19, membuat hampir seluruh orang Indonesia tidak bisa mudik ke kampung halaman saat Lebaran. Tahun ini, netizen bagikan budaya makan yang paling mereka rindukan.

Mudik atau agenda pulang kampung merupakan budaya Lebaran yang sudah ada di Indonesia sejak turun temurun. Bertemu dengan keluarga dan seluruh saudara di kampung halaman, tentunya jadi momen yang paling ditunggu-tunggu saat Lebaran.

Meski selama dua tahun terakhir tradisi ini harus ditunda karena pandemi. Kini orang bisa kembali melepas rindu merayakan Lebaran di kampung halaman mereka masing-masing.

Beberapa pengguna di Twitter membagikan kenangan, tentang budaya makan-makan di kampung mereka saat Lebaran. Ada juga netizen yang menceritakan makanan apa yang paling mereka rindukan setiap kali mudik.

Baca Juga: Mudik Lewat Rest Area Cipali? Mampir Makan Dulu di 5 Restoran Ini" selengkapnya


1. Tradisi Pinjam Meja Sekolah

Seorang guru saat mengajar muridanya di lantai karena kekurangan bangku dan meja di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tegal 04, Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (31/7/2019). Kekurangan meja dan bangku di SDN 04 Tegal sudah hampir dua tahun lalu sehingga murid terpaksa belajar di lantai, bahkan pihak sekolah sudah mengusulkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor namun belum ada realisasinya.Ilustrasi Meja Sekolah yang Sering Dipinjam Warga Jelang Lebaran. Foto: Lamhot Aritonang

Saat Lebaran semua orang berlomba-lomba untuk menyuguhkan kue kering, camilan, biskuit, cokelat, permen, sampai aneka kue basah atau makanan lainnya untuk disuguhkan ke tamu dan keluarga yang datang ke rumah.

Namun karena jumlah makanan hingga kue kering yang terlalu banyak, sampai orang-orang tidak memiliki meja yang cukup untuk menyuguhkan sajian Lebaran ini. Akhirnya muncul lah tradisi pinjam meja dari sekolah terdekat yang ada di satu kampung.

"Tradisi di kampungku, masih banyak yang pada minjem meja sekolahan karena saking banyaknya makanan yang mau disuguhin saat Lebaran. Kocak ya? Tapi ya itu lah salah satu cerita Lebaran yang bikin orang-orang kangen MUDIK," curhat pengguna Twitter @alt** (29/04).

2. Kangen Masakan Orangtua

Festive traditional Middle Eastern Muslim Halal food on the table. Celebration of Eid al-Adha, Feast of SacrificeIlustrasi Masak dengan orangtua. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fevziie Ryman

Lebaran dan agenda mudik jadi momen yang paling ditunggu banyak orang, karena mereka yang tinggal jauh dari orang tua hingga kakek nenek, akhirnya bisa melepas rindu dan bertemu orang terkasih. Selain itu momen Lebaran ini juga diisi dengan kangennya netizen dengan masakan orang tua mereka.

"Kangen masakan ibu, kangen makan bareng bapak. Tapi tahun ini, Lebaran pertama tanpa bapak. Bapak sudah damai bersama Nya. Amin," curhat @wul** yang mengenang kepergian sang ayah.

"Pas Lebaran nanti, gak mau makan lontong. Sudah pesan sama ibu bikin sambal leumah pake ikan. Kangen banget pengen makan, tapi menahan diri karena lagi puasa," tulis @picc**.