RM Legendaris di Dekat Exit Tol Ngawi Ini Punya Rawon dan Penyetan Enak

Sugeng Harianto - detikFood
Selasa, 26 Apr 2022 15:30 WIB
Soto Ngawi
Foto: Instagram sotongawidepok
Ngawi -

Mudik melewati Tol Ngawi bisa mampir makan enak di rumah makan legendaris ini. Namanya Rumah Makan Duta yang berjarak hanya 500 meter dari pintu Tol Ngawi.

Arus mudik kini mulai terlihat. Banyak orang mengarah ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Bagi kamu pemudik yang melintasi Tol Ngawi, tak perlu khawatir dengan pilihan tempat makan enak di jalanan yang dilalui.

Salah satu yang jadi favorit adalah rumah makan Duta yang legendaris sejak tahun 1990. Banyak orang yang bepergian dari Jawa Tengah, mampir ke rumah makan ini ketika masuk ke Jawa Timur. Letak rumah makan Duta memang berada dekat perbatasan kedua provinsi tersebut.

Letak rumah makan Duta hanya berjarak 500 meter dari pintu Tol Ngawi. Fasilitasnya lengkap, termasuk tempat parkir luas yang bisa menampung ratusan kendaraan pribadi maupun bus. Lokasinya juga bersih dan nyaman.

Rumah makan Duta NgawiRumah makan Duta Ngawi Foto: Sugeng Harianto

Cabang rumah makan Duta ini dibuka pada Oktober 2021. Namaya Duta 3, persisnya berada di simpang 3 arah gerbang Tol Ngawi atau Jalan Ir Soekarno, Desa Kelurahan Grudo. Rumah makan Duta 3 buka setiap hari hampir 24 jam, yakni pukul 08.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB atau hanya tutup 3 jam.

"Alhamdulillah kita memenuhi permintaan pelanggan yang dulu sebelum ada tol sering mampir menikmati sajian kuliner, kini saya buka cabang baru dekat dari gerbang Tol Ngawi. Hanya satu menit sampai," ujar Teguh, pemilik rumah makan Duta kepada detikJatim, Senin (25/4/2022).

Duta sudah punya tiga cabang rumah makan. Jarak ketiganya sebenarnya tak terlalu jauh, hanya sekitar 3 km.

"Lokasi (Duta 3) dari Duta 1 dan 2 dekat sebenarnya, cuma saya ingin memanjakan pelanggan biar lebih dekat dari gerbang Tol Ngawi. Duta 1 dulu berjubel tidak mampu menampung pengunjung hingga buka Duta 2 dan 3 ini," kata Teguh.

Baca Juga: 5 Restoran di Rest Area KM 97 Cipularang, Ada Soto hingga Bakmi

Teguh mengatakan, menu andalan khas Jawa Timur, yakni rawon dan sop iga selalu menjadi pilihan pengunjung. Tentu juga ada menu pendamping lainya.

"Pengunjung kebanyakan memilih rawon dan sop iga, juga ada menu lainnya garang asem, soto, penyet lalapan dan lainnya," terang Teguh.

Soto NgawiSoto Ngawi Foto: Instagram sotongawidepok

Teguh menceritakan, selain kendaraan pribadi, Duta kerap menjadi tempat persinggahan bus jarak jauh. Sempat sepi karena pandemi, sehingga beberapa karyawan dirumahkan, kini Duta mencoba bangkit kembali.

"Alhamdulillah sudah mulai pulih setelah ikut terdampak COVID-19, sangat sepi kemarin. Saya berhentikan karyawan ada ratusan dari total karyawan saya sekitar 300 dulu. Kini mulai saya panggil lagi untuk bekerja," ungkap Teguh.

Tak hanya makanan, rumah makan Duta 3 juga menyediakan oleh-oleh khas Ngawi dan kota sekitarnya. Paling laris yakni oleh-oleh keripik tempe yang merupakan racikan bumbu asli buatan rumah makan Duta.

"Semakin lengkap kami sediakan oleh-oleh khas Ngawi dan kota sekitar. Yang paling laris keripik tempe. Dalam sehari, menghabiskan 20 hingga 50 karton," jelasnya.

Pantauan detikJatim, aneka oleh-oleh memang bisa dijumpai di sini. Mulai sambel pecel, sale pisang, brem, cokelat tempe, belimbing chip, madu mongso, seta jamu tradisional yang segar. Ada juga telur asin, sarang madu, enting-enting Salatiga, pie susu khas bali, permen tape, getok wijen dan lainnya.

Baca Juga: Wajib Mampir saat Mudik, Resto Legendaris Ini Dekat Exit Tol Ngawi



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)