Hanya di BKT! Ada Bebek Peking Kaki Lima Pertama di Indonesia yang Gurih Nagih

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 16 Apr 2022 14:00 WIB
Hanya di BKT! Ada Bebek Peking Kaki Lima Pertama di Indonesia yang Gurih Nagih
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Kawasan Banjir Kanal Timur yang dikenal dengan surganya kuliner malam ini punya beberapa daftar makanan yang layak dicoba. Mulai dari olahan seafood hingga bebek peking yang lezatnya nagih!

Banjir Kanal Timur (BKT) punya beberapa menu andalan layaknya kawasan kuliner lainnya. Walaupun ada beragam jajanan di sini, tetapi ada beberapa makanan yang konon menjadi 'identitas' kuliner di BKT.

Kawasan kuliner di tepi sungai buatan ini justru terkenal akan beragam seafood gerobakan yang dibanderol dengan harga yang murah. Walaupun murah, seafood di sini dijamin kesegarannya dan bisa disajikan dengan berbagai pilihan bumbu yang nikmat.

Selain itu, di BKT ada tempat makan yang tidak pernah sepi pengunjung. Bebek peking kaki lima pertama di Indonesia yang rasa bebeknya tak kalah dengan restoran bebek peking di mall besar dijajakan di sini.

Baca juga: Ngabuburit Seru di Banjir Kanal Timur, Ada Banyak Takjil hingga Seafood Murah!

Menyambangi Banjir Kanal Timur (BKT), detikfood sempat mencicipi Kerang Emak Mini, salah satu seafood gerobakan dan Bebek Gantung 10 BKT yang menawarkan sensasi makan bebek peking dengan harga terjangkau. Kira-kira seperti apa ya kelezatannya?

Seafood Gerobakan Murah dan Enak Buatan Kerang Emak Mini

Hanya di BKT! Ada Bebek Peking Kaki Lima Pertama di Indonesia yang Gurih NagihDi BKT ada seafood gerobakan lezat dan murah meriah yang menawarkan sensasi makan di pinggir sungai buatan. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Dikenal sebagai tujuan makan seafood murah meriah, di BKT ini banyak sekali penjaja seafood gerobakan yang bisa ditemukan. Walaupun antara satu dan yang lainnya punya rasa yang tidak beda jauh tetapi ada satu gerobak seafood yang sempat viral di media sosial dan begitu dipadati pelanggan.

Di gerobak seafood yang satu ini tertulis nama 'Kerang Emak Mini'. Walaupun hanya dijajakan secara gerobakan tetapi ada lebih dari sepuluh jenis menu yang bisa dipesan di sini. Menurut pedagang yang kami temui, berbagai kerang dan seafood di sini didatangkan langsung dari Pasar Ikan Tanjung Priok.

Pelanggan juga bisa memesan dengan beragam jenis bumbu yang disajikan di sini. Mulai dari saus balado, saus Padang hingga bumbu kuning yang cocok dipadukan dengan beragam kerang dan kepiting.

Harga seafood di sini dibanderol mulai dari Rp 10.000 saja. Hanya dengan membayar Rp 10 ribu kamu bisa memesan menu seperti udang, kerang hijau, kerang dara, kerang bambu, kerang tahu, bahkan hingga kepiting.

Di sini juga ditawarkan paket PSBB seharga Rp 50.000 tetapi sudah termasuk seluruh jenis seafood dan tambahan seperti tutut hingga ceker dan kepiting yang ada di sini. Saat menyambangi Kerang Emak Mini, detikfood memesan paket PSBB dengan saus balado di sini.

Hanya di BKT! Ada Bebek Peking Kaki Lima Pertama di Indonesia yang Gurih NagihTekstur kerangnya masih kenyal tetapi tidak amis dan mampu menyerap bumbunya dengan sangat baik. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Tekstur kerangnya masih cukup kenyal dan tidak amis. Selain itu tutut yang biasanya sulit untuk dimakan jika tanpa tusuk gigi, di sini sudah diolah sedemikian rupa sehingga hanya butuh dihisap dan daging tututnya bisa langsung keluar. Menggunakan kepiting yang masih muda dan kecil juga membuat momen makan kepiting pelanggannya jadi tidak merepotkan dan bisa dipecahkan langsung dengan cara digigit saja.

Untuk saus baladonya sendiri, Kerang Emak Mini terkenal dengan rasanya yang pedas menyengat. Tetapi walaupun pedasnya kuat, masih ada rasa seperti gurih dan asin yang bisa dinikmati. Pedasnya yang menyengat ini dijamin akan memuaskan lidah para pecinta pedas.

Selain disantap dengan seafoodnya, jika kerang, udang dan kepitingnya sudah habis kamu bisa menambah kerupuk yang ternyata menjadi pasangan yang cocok untuk menghabiskan sisa kuah dari kerangnya. Ada kerupuk ikan yang nikmat dan cukup direndam beberapa saat hingga meresap bumbunya kemudian bisa dilahap suntuk menghabiskan kuah sausnya.

Bergeser dari gerobak Kerang Emak Mini, ada satu tempat yang menarik perhatian detikfood karena kepadatan pelanggannya. Di depannya terlihat puluhan ekor bebek yang digantung dengan ukuran yang besar-besar. Penasaran dengan rasanya, kami juga mendatangi dan memesan beberapa makanannya.

Baca juga: 5 Restoran Timur Tengah Ini Punya Menu Nasi Mandi hingga Uzbuki yang Nikmat

Nikmatnya bebek peking kaki lima diBKT bisa dilihat di halaman selanjutnya



Simak Video "Lumernya Kue Balok dan Pedas Nikmat Seblak BKT"
[Gambas:Video 20detik]