Bikin Kolak Pisang di Amerika, Netizen Indonesia Ini Habiskan Rp 120 Ribu!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 16 Apr 2022 18:00 WIB
Bikin Kolak Pisang di Amerika, Netizen Indonesia Ini Habiskan Rp 120 Ribu!
Foto: TikTok ignadiajohnston92
Jakarta -

Jalani puasa di Amerika Serikat (AS), wanita Indonesia ini putuskan bikin kolak sendiri untuk takjil. Ia menunjukkan harga bahan-bahan yang dibelinya dari supermarket untuk membuat kolak pisang.

Bagi muslim Indonesia yang tinggal di luar negeri, menjalani puasa bukan di negara kelahiran adalah sebuah tantangan tersendiri. Suasana, budaya, pilihan makanan, hingga durasi puasa yang jauh berbeda kerap mereka alami.

Salah satunya dirasakan Nadia Johnston, wanita Bali yang kini menetap di Seattle, Washington, AS bersama suaminya. Nadia harus menjalani puasa selama sekitar 14-16 jam karena saat ini sedang musim semi menuju musim panas.

Bikin Kolak Pisang di Amerika, Netizen Indonesia Ini Habiskan Rp 120 Ribu!Nadia saat memotong-motong pisang untuk bahan kolak. Foto: TikTok ignadiajohnston92

Mengutip TikTok @ignadiajohnston92 (13/4/2022) atas seizinnya, Nadia menunjukkan dirinya tak bisa lepas dari makanan buka puasa khas Indonesia. Ia membuat kolak pisang dengan bahan-bahan yang ada di supermarket setempat.

"Kalau mau bikin kolak di Amerika, kira-kira habis berapa duit sih?" katanya di awal video. Nadia yang sedang berada di supermarket Asia lantas menunjukkan harga-harga bahan kolak.

Ia membeli satu sisir pisang kepok USD 4.98 atau sekitar Rp 69 ribu, satu buah singkong ukuran sedang USD 1.49 atau sekitar Rp 20 ribu, satu kaleng santan halal asal Thailand USD 2.29 atau sekitar Rp 32 ribu. "Jadi totalnya di Rp 121 ribuan," kata Nadia.

Bikin Kolak Pisang di Amerika, Netizen Indonesia Ini Habiskan Rp 120 Ribu!Pisang kepok kuning dibanderol Rp 69 ribu sesisir. Foto: TikTok ignadiajohnston92

Dirinya juga menunjukkan beli daun pandan, bahan penting dalam kolak yang membuat hidangan bersantan ini harum menggiurkan. Sebungkus daun pandan dibeli Nadia seharga USD 5.09 atau sekitar Rp 71 ribu. "Tapi lumayan si dapetnya banyak. Jadi daun pandan, pisang, dan santan bisa dipakai 3 kali lah ya buat kolak," sambungnya.

Baca Juga: Ada Bazar Makanan Indonesia di Amerika, Bule Ini Cicip Nasi Padang dan Getuk

Untuk bikin kolak, pertama Nadia memotong-motong singkong dan pisang. "Aku lanjut ngerebus singkong setengah matang dulu, habis itu tambahin santannya. Diaduk-aduk bentar, nggak lupa tambahin garam biar gurih," ucap Nadia.

Ia ternyata penyuka kolak versi gula pasir bukan gula jawa. Sejumlah gula pasir dimasukkan ke dalam panci berisi kolak dan diaduk-aduk terus. Tak ketinggalan, Nadia menambahkan daun pandan agar kolaknya wangi.

Bikin Kolak Pisang di Amerika, Netizen Indonesia Ini Habiskan Rp 120 Ribu!Kolak pisang racikan Nadia dengan pemanis gula pasir. Foto: TikTok ignadiajohnston92

"Bersyukur banget meskipun di Amerika bisa bikin kolak, masya Allah nikmat sekali guys," tutup Nadia. Videonya bikin kolak di Amerika ini viral hingga sudah ditonton lebih dari 6,3 juta kali saat berita ini ditulis.

Banyak netizen Indonesia memberikan komentar. Mereka terkejut dengan harga bahan-bahan kolak yang mahal di sana. "Kalau di Indonesia harga segitu bisa untuk kolak satu keluarga ya kak," kata seorang netizen.

"Mahal ya bun... Di sini singkong nyabut, pisang minta tetangga, santan 3.000, pandan nyabut juga, gula jawa 5.000," sahut netizen lain soal harga bahan-bahan kolak di Indonesia. Lucunya, tak sedikit dari mereka yang jadi terinspirasi ingin jualan daun pandan di Amerika karena melihat harga jualnya yang tinggi.

Sebelum kisah Nadia memamerkan harga bahan-bahan kolak di Seattle, Amerika Serikat, netizen Indonesia juga terpukau dengan kisah artis Nikita Willy yang jajan es cendol di Los Angeles.

Jajan Es Cendol di Los Angeles, Nikita Willy Kaget dengan Harganya!Keseruan Nikita Willy jajan es cendol di Los Angeles. Foto: YouTube NWP

Awal April 2022 terlihat ia mendatangi acara ASEAN Women Circle of Los Angeles yang yang ada di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI). Saat itu Nikita yang sedang hamil besar memilih beli es cendol.

Harganya USD 4 atau sekitar Rp 60 ribuan! "Satu gelas cendol di LA Rp 60 ribu. Wow, hahahaha kalau di Indonesia berapa ya? Kalau di Indonesia, tergantung belinya di mana ya. Ada yang cuma Rp 15 ribu kayaknya," ungkapnya.

Baca Juga: Jajan Es Cendol di Los Angeles, Nikita Willy Kaget dengan Harganya!



Simak Video "Berburu Menu Buka Puasa di Kawasan Kuliner BKT"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)