Spesial! Mama Rieta Bikin Bubur Kampiun Buat Buka Puasa Berisi 6 Jenis Bubur

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 15 Apr 2022 16:00 WIB
Spesial! Mama Rieta Bikin Bubur Kampiun Buat Buka Puasa Berisi 6 Jenis Bubur
Foto: YouTube Mama Rieta
Jakarta -

Ibunda Nagita Slavina, Rieta Amilia atau akrab disebut Mama Rieta menyajikan hidangan buka puasa spesial untuk keluarga dan temannya. Ia bikin bubur kampiun khas Sumatera Barat yang berisi 7 jenis bubur.

Mama Rieta terkenal hobi masak. Saat bulan puasa, ia membuat hidangan spesial untuk orang-orang terdekatnya. Salah satunya menu buka puasa khas Sumatera Barat, daerah asal Mama Rieta, yaitu bubur kampiun.

Bubur manis ini terbilang spesial karena banyak muncul saat ramadan saja. Bubur kampiun konon tercipta secara tidak sengaja pada tahun 1960-an. Berawal dari Lomba Kreasi Membuat Bubur di desa Jambu Air, Banuhampu, Bukittinggi.

Lomba ini diikuti semua lapisan masyarakat, salah satunya nenek bernama Amai Zona yang datang terlambat tanpa persiapan. Ia lantas memasukkan beberapa jenis bubur yang tidak habis dijualnya saat pagi hari ke dalam beberapa mangkuk. Tak disangka, kreasi bubur buatan Amai Zona menang.

bubur kampiun untuk sarapanBubur kampiun khas Sumatera Barat kerap muncul sebagai menu takjil ramadan. Foto: Instagram

Saat ditanya nama kreasi buburnya tersebut, nenek itu spontan menjawab Bubur Kampiun. Maksud "kampiun" adalah "champion" yang berarti juara.

Bubur Kampiun bisa berisi lebih dari 5 jenis bubur sekaligus. Beberapa yang umum adalah bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau, bubur candil, dan ketan putih kukus.

Dalam unggahan YouTube-nya (12/4/2022), Mama Rieta terlihat membuat bubur kampiun dari 6 jenis bubur. Ada bubur sumsum, kolak, bubur cenil, bubur ketan hitam, bubur mutiara, dan bubur srikaya.

Pertama, ia membuat kolak yang terdiri dari pisang, labu kuning, ubi, dan kolang-kaling. "Jadi kalau bikin kolak yang keras-keras duluan ya (direbusnya), ubi dan labu," ujarnya memberi tips. Untuk pisangnya ia memilih pisang raja atau pisang kepok kuning. "Pandan jangan lupa ya buat wangi," lanjutnya.

Spesial! Mama Rieta Bikin Bubur Kampiun Buat Buka Puasa Berisi 6 Jenis BuburMama Rieta jago bikin bubur kampiun, terlihat membuat candil sendiri. Foto: YouTube Mama Rieta

Ibu dua anak ini terlihat begitu terampil membuat tiap komponen bubur, termasuk membuat bulatan-bulatan candil dengan cepat. Ia lantas memasak isian bubur kampiun lainnya dalam waktu bersamaan.

Saat merebus isian kolak, misalnya, ia juga sibuk meracik bubuk candil dan memasak bubur ketan hitam. Tak ketinggalan larutan gula merah untuk pelengkapnya. Ada 3 tungku kompor yang menyala sekaligus.

Setelah kolak, bubur ketan hitam, dan bubur candilnya hampir selesai, barulah Mama Rieta bikin bubur sumsum. Ia juga lanjut menyempurnakan bubur candilnya dengan memasukkan tepung ketan dan santan.

Spesial! Mama Rieta Bikin Bubur Kampiun Buat Buka Puasa Berisi 6 Jenis BuburMama Rieta bersama dua sahabatnya menikmati bubur kampiun untuk berbuka puasa. Foto: YouTube Mama Rieta

"Tinggal satu, bubur mutiara," ujarnya di akhir video. Namun karena azan magrib berkumandang, ia menyerahkan tugas bikin bubur mutiara pada asisten rumah tangganya. Mama Rieta juga tidak jadi membuat bubur srikaya karena keterbatasan waktu.

Bubur kampiun ini kemudian dinikmati Mama Rieta bersama dua sahabatnya, salah satunya Desiree Tarigan atau akrab disapa Mami Toko. "Ternyata masakan Mama Rieta luar biasa," kata Mamitoko mengomentari.

Mama Rieta terlihat suka mengaduk-aduk semua buburnya sampai merata. "Kalau aku suka yang diuweg-uweg begini," katanya. Mereka terlihat begitu menikmati bubur kampiun yang diracik masing-masing sesuai selera.



Simak Video "Tempat Bukber Asyik Nuansa Rote dengan Pizza Sei Sapi Khas NTT"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)