ADVERTISEMENT

Rekomendasi Tempat Buka Puasa

Tradisi Bukber, Makan Bersama di Bulan Puasa yang Bisa Datangkan Berkah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 12 Apr 2022 17:30 WIB
Tradisi Bukber, Makan Bersama di Bulan Puasa yang Bisa Datangkan Berkah
Foto: Getty Images/iStockphoto/piyato
Jakarta -

Bukber alias 'buka bersama' jadi agenda banyak orang saat bulan puasa. Mereka bakal bertemu keluarga, teman lama, atau kerabat kerja untuk menikmati hidangan bersama saat azan magrib berkumandang.

Buka puasa bersama seolah sudah menjadi tradisi sebagian besar orang Indonesia. Rasanya tak lengkap melewati hari-hari di bulan Ramadan, terutama saat akhir pekan, tanpa mengadakan atau menghadiri acara bukber.

Acara ini juga bisa menjadi ajang reuni atau temu kangen dengan keluarga, teman, atau kerabat yang sudah lama tidak berjumpa. Poin plusnya, suasana bakal terasa lebih hangat karena bisa berbincang sambil berbuka puasa.

Pengamat sosial dari Universitas Indonesia, Devie Rahmawati mengungkapkan pada CNN (18/5/2019) bahwa tradisi bukber di Indonesia merupakan wujud pertemuan antara budaya ketimuran dengan ajaran Islam. Seperti diketahui, dalam Islam ada hadis yang berbunyi:

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga."

Tradisi Bukber, Makan Bersama di Bulan Puasa yang Bisa Datangkan BerkahBukber seolah sudah menjadi tradisi orang Indonesia saat bulan Ramadan. Foto: Getty Images/iStockphoto/piyato

Menurut Devie, ajaran Islam ini kemudian bertemu dengan budaya ketimuran yang kolektif dimana orang Indonesia memang senang kumpul-kumpul dari dulu, bahkan sebelum Islam masuk ke Indonesia.

"Terlepas dari adanya bulan suci Ramadan atau tidak, kita melihat masyarakat kita ketika sudah berdiskusi panjang di media sosial, lalu 'yuk ketemuan yuk'. Itu menunjukkan ciri dari masyarakat komunal," kata Devie.

Sementara itu pandangan Islam mengenai tradisi bukber juga pernah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadis berikut:

"Para sahabat Nabi Muhammad SAW bertanya, 'Mengapa makan tidak kenyang?' Kemudian, Nabi balik bertanya, 'Apa kalian makan sendiri?' Para sahabat menjawab, 'iya',". Kemudian Rasulullah SAW menjawab lagi, "Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua," (HR Abu Dawud).

Rasulullah SAW diketahui memiliki kebiasaan tidak pernah makan sendirian. Beliau menyebutkan bahwa sebaik-baiknya makan adalah ketika makan dengan banyak tangan. Hal ini berarti beliau menganjurkan makan bersama.

Tentu saja bukber yang dianjurkan dalam Islam adalah yang berisi hal-hal positif seperti tidak membicarakan keburukan orang lain, sebagai ajang pamer dan sombong, atau menjadi alasan meninggalkan salat magrib.

Tradisi Bukber, Makan Bersama di Bulan Puasa yang Bisa Datangkan BerkahMakanan Indonesia jadi menu favorit untuk bukber bersama keluarga atau teman. Foto: Getty Images/iStockphoto/piyato

Ada banyak pilihan tempat makan untuk bukber. Pastikan memilih tempat makan yang halal dan memiliki fasilitas musala atau area salat agar memudahkan muslim salat magrib. Mengenai menunya, kamu bisa pilih sesuai selera.

Pada ulasan minggu ini, detikfood bakal membagikan rekomendasi tempat bukber. Tempat ini cocok disambangi bareng teman dan keluarga. Menunya beragam, termasuk menu tradisional yang banyak digemari.

Ada juga tempat bukber yang menghadirkan suasana istimewa seperti suasana asri khas pedesaan atau yang memiliki saung-saung. Tak ketinggalan pilihan menu bukber unik seperti khas Rote, NTT dan menu di restoran China Muslim.

Untuk tahu rekomendasi lengkapnya, pantau terus ulasan detikfood pekan ini ya!



Simak Video "Berburu Menu Buka Puasa di Kawasan Kuliner BKT"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT