Tak Hanya Warung Makan Saja, Tapi Gerai Makanan Kekinian Juga Pakai Penglaris

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 04 Apr 2022 17:03 WIB
Tak Hanya Warung Makan Saja, Tapi Gerai Makanan Kekinian Juga Pakai Penglaris
Foto: Site News
Jakarta -

Mitos penglaris untuk menarik pembeli sudah biasa ditemukan di banyak tempat makan tradisional. Tapi ternyata ada klaim penglaris yang digunakan di gerai makanan kekinian.

Berbau klenik dan tak kasat mata, penglaris biasa digunakan oleh para penjual makanan atau pengusaha yang ingin melariskan dagangan mereka. Biasanya warung makan tradisional, sampai tempat makan legendaris lah yang selalu diterpa isu menggunakan penglaris.

Penglaris ini bentuknya bisa bermacam-macam. Mulai dari benda aneh yang ditemukan di sekitar gerobak sampai dapur, hingga sosok tak kasat mata yang bentuknya bermacam-macam.

Namun ternyata kini tak hanya warung makan tradisional saja yang dikabarkan menggunakan penglaris. Bahkan penglaris kini digunakan di dalam outlet atau gerai makanan di mall. Seperti pengalaman yang dibagikan oleh Twitter @AREAJULID (04/04).

Di dalam cuitan itu, @AREAJULID mengunggah screenshot atau tangkapan layar berisi pengakuan seorang pengguna TikTok, yang mengaku bisa melihat sosok perempuan menyeramkan di depan gerai makanan ramai yang dilewatinya.

"Dis! Orang yang pake penglaris pasti ada, tapi pas baca ini kok tetep serem ya," tulis @AREAJULID.

Baca Juga: Tips Menghindari Efek Gaib di Tempat Makan yang Pakai Penglaris ala Terapis" selengkapnya


"Jalan ke mall, lewat salah satu outlet makanan kekinian yang selalu antre. Di depan kasir ada perempuan dengan wajah runcing, rambut panjang dikepang, dan tangan panjang sampai ke lantai. Tiap ada pembeli yang antre berdiri, dia jalan sambil ngelus-ngelus kepala si pembeli satu per satu," cerita pengguna TikTok Tersebut.

Tak Hanya Warung Makan Saja, Tapi Gerai Makanan Kekinian Juga Pakai PenglarisTak Hanya Warung Makan Saja, Tapi Gerai Makanan Kekinian Juga Pakai Penglaris Foto: Site News

Menanggapi cuitan ini, netizen di Twitter langsung berkomentar sekaligus membagikan pengalaman mereka saat menemukan penglaris di tempat makan.

"Kejadian nyata, gue pernah beli makanan di salah satu bakso terlaris di Bogor. Ketika gue lagi nunggu antrean tiba-tiba anak kecil sebelah gue teriak ke mamanya, ih ada monyet! Sambil nunjuk-nunjuk etalasenya, auto langsung nahan napas nelen ludah," curhat @ay**.

"Tolong dong, kalau ada yang pake penglaris di mall terus pindah lapak, setannya ikut dibawa juga. Kasian penyewa yang baru yang gak ngerti apa-apa. Begitu pula yang sewa ruko dll, wapak dan jimat di tembok juga dilepas. Capek bersihinnya asli, sering terjadi masalahnya," ungkap @ama**.

"Jadi keinget tempat makan yang laris banget itu punya cabang di beberapa kota besar, terus sebenernya ada penglarisnya pake darah gitu. Jadi seluruh lantai sampe bangunannya isinya darah semua. Jijik lihatnya," tulis @fat**.

Meski netizen menebak kira-kira gerai makanan kekinian apa yang memakai penglaris di mal. Tapi hampir semua netizen yang membalas cuitan tersebut, percaya dan setuju bahwa penglaris di tempat makan itu memang ada dan bukan mitos belaka.


Dalam waktu singkat, cuitan tentang penglaris ini disukai lebih dari 27,6 ribu pengguna Twitter. Lebih dari 2,7 ribu retweet dan 1,4 ribu balasan masuk ke sana.

Baca Juga: Roy Kiyoshi Ungkap Makanan dari Warung Pakai Penglaris Ini Dikencingi Tuyul!" selengkapnya



Simak Video "Bikin Ngiler! Twitter Diramaikan #NanaChallenge"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)