Modal Rp 100 Ribu Bisa Beli Apa Saja di Belanda? Ini Kata Mahasiswa Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 04 Apr 2022 18:00 WIB
Modal Rp 100 Ribu Bisa Beli Apa Saja di Belanda? Ini Kata Mahasiswa Indonesia
Foto: TikTok @jerhemynemo
Jakarta -

Mahasiswa Indonesia di kota Breda, Belanda ini menunjukkan apa saja makanan yang bisa dibeli dengan Rp 100 ribu di Belanda? Seperti ini daftarnya.

Jerhemy Owen adalah mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Avans University of Applied Sciences, Breda, Belanda. Kepada detikfood (3/4), dirinya menjelaskan jurusan yang diambil yaitu Environmental Sciences for Sustainable Energy and Technology.

Selain jadi mahasiswa, Jerhemy merupakan kreator konten TikTok. Akunnya @jerhemynemo sudah memiliki lebih dari 1,2 juta followers. Jerhemy kerap membagikan momen-momen seru saat di Breda.

Salah satunya soal belanja di supermarket. Ia menunjukkan, modal Rp 100 ribu bisa dapat apa saja di supermarket Jumbo? Videonya (28/3/2022) viral hingga sudah ditonton lebih dari 1,3 juta kali saat berita ini dibuat.

Modal Rp 100 Ribu Bisa Beli Apa Saja di Belanda? Ini Kata Mahasiswa IndonesiaJerhemy Owen yang kuliah di kota Breda, Belanda menunjukkan makanan apa saja yang bisa dibeli di supermarket dengan Rp 100 ribu. Foto: TikTok @jerhemynemo

Pertama, Jerhemy menginformasikan kalau Rp 100 ribu setara dengan 6.26 Euro. "Let's go kita cari barang-barang murah di Indonesia, tapi harganya mahal di Belanda," katanya.

Ia menunjukkan sekarung beras pandan 3,5 kg dibanderol 6,49 Euro atau sekitar Rp 100 ribuan. "Perasaan di Indonesia nggak semahal ini deh," tuturnya.

Jerhemy juga menemukan kentang premium kemasan 3 kg dibanderol Rp 100 ribuan. Jumlah ini dinilai Jerhemy sangat berkali-kali lipat dibanding di Indonesia.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Indonesia yang Dijual Mahal di Luar Negeri

Lanjut ke rak keju, ia menemukan keju Belanda dipatok dengan harga fantastis. Untuk 1/2 kg keju Gouda harganya Rp 100 ribuan. Bagaimana dengan daging sapi? Harganya ternyata tak kalah mengejutkan.

Modal Rp 100 Ribu Bisa Beli Apa Saja di Belanda? Ini Kata Mahasiswa IndonesiaRp 100 ribu juga bisa dapat 1/2 kg keju Gouda di supermarket. Foto: TikTok @jerhemynemo

Jerhemy mengatakan daging sapi kemasan 450 gram harganya mencapai Rp 100 ribu. Harga yang sama juga berlaku untuk fillet ayam seberat 500 gram.

Kalau mau makanan manis, di supermarket Jumbo ada aneka kue yang mereka tawarkan dalam kemasan kotak praktis. Namun harganya relatif mahal yaitu Rp 100 ribuan per setengah loyang saja.

Banyak netizen mengomentari unggahan Jerhemy. Mereka merasa Rp 100 ribu alias 6 Euro bagi orang Belanda adalah nominal terjangkau. "Bagi warga di sana, 6 Euro memang murah. Tapi jika dikonversi ke rupiah jadi mahal," sahut seorang netizen.

Modal Rp 100 Ribu Bisa Beli Apa Saja di Belanda? Ini Kata Mahasiswa IndonesiaBeras 3,5 kg bisa dibeli di Belanda dengan harga sekitar Rp 100 ribu juga. Foto: TikTok @jerhemynemo

Ada juga yang membandingkan harga makanan yang ditunjukkan Jerhemy dengan yang di Indonesia. "Di Indonesia, beras 5 kg Rp 65 ribu," kata seorang netizen.

Selain Jerhemy, netizen TikTok @irwanprasetiyo juga menunjukkan harga makanan Indonesia yang dijual di supermarket Asia di Jerman. Unggahannya dapat banyak sorotan karena memperlihatkan perbedaan harga yang jauh dengan di Indonesia.

Pertama, kecap ABC dan Bango. Kecap botolan ukuran 620 ml ini dibanderol rata-rata 4 Euro atau sekitar Rp 64 ribu! Lalu ada daun pisang yang harganya Rp 40 ribu per lembar hingga seikat kangkung mencapai Rp 64 ribu!

Baca Juga: Wow! Segini Harga Makanan Indonesia di Supermarket di Jerman



Simak Video "Ternyata Ini Lho Perbedaan Gelato dengan Es Krim Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)