ADVERTISEMENT

Meriah! Masyarakat Batu Bara Gelar Pesta Tapai Jelang Ramadan

Perdana Ramadhan  - detikFood
Sabtu, 02 Apr 2022 16:00 WIB
Meriah! Masyarakat Batu Bara Gelar Pesta Tapai Jelang Ramadan
Foto: detikFood/Perdana Ramadhan
Batu Bara -

Menjelang Ramadan, di beberapa wilayah Indonesia biasanya ada perayaan atau acara khusus. Tak terkecuali yang diadakan masyarakat desa Dahari Selebar, Batu Bara dengan pesta tapai meriah ini.

Salah satu tradisi unik menyambut Ramadan ada di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut). Tepatnya di desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi.

Pesta tapai menjadi sebutan dan tradisi unik masyarakat di sini untuk menjual aneka makanan tradisional Melayu khas Batu Bara. Warga desa beramai-ramai membuat tapai, lemang, serta beragam kue tradisional lainnya untuk dijual.

Sementara pembelinya tidak hanya datang dari masayarakat sekitar. Pesta tapai yang melegenda ini mengundang kunjungan masyarakat dari berbagai daerah hingga menaikkan pendapatan perekonomian warga.

"Pesta tapai ini mungkin sudah ada sejak tahun 1945, belum lagi Indonesia merdeka. Karena dari kakek buyut kami ini sudah ada. Sebagai bentuk suka cita masyarakat menyambut puasa," kata Efendi, Kepala Desa Dahari Selebar saat berbincang bersama wartawan, Jumat (1/4/2022).

Meriah! Masyarakat Batu Bara Gelar Pesta Tapai Jelang RamadanMeriah! Masyarakat Batu Bara Gelar Pesta Tapai Jelang Ramadan Foto: detikFood/Perdana Ramadhan

Ia mengatakan, pesta tapai hanya digelar di desanya. Biasanya warga desa sudah mulai berjualan sejak pertengahan bulan Sya'ban dalam penanggalan kalender Hijriah atau dua pekan sebelum hari pertama puasa. Mereka membuka lapak dagangannya mulai jam 5 sore hingga jam 12 malam.

"Menurut catatan kami, yang terdaftar warga masyarakat berdagang ini ada 107 pedagang. Tapi bisa jadi lebih," kata dia.

Kendati berjualan dengan aneka jenis makanan yang sama, warga desa mengaku tak takut dan mempercayai setiap orang punya rejeki masing-masing. Desa Dahari Selebar ada 10 dusun, 5 dusun diantaranya masyarakat menjual aneka ragam makanan yang sama disepanjang jalan kurang lebih hingga 5 kilometer.

"Semua rata rata yang dijual sama, ada tapai, lemang, dodol, karas - karas, rendang kepah dan aneka makanan tradisional lainnya," kata Efendi.

Meriah! Masyarakat Batu Bara Gelar Pesta Tapai Jelang RamadanMeriah! Masyarakat Batu Bara Gelar Pesta Tapai Jelang Ramadan Foto: detikFood/Perdana Ramadhan

Menurut Efendy, dahulu ketika daerah tersebut merupakan satu perkampungan kecil, banyak pedagang dari luar yang datang menjual daging sapi atau kerbau mereka kepada warga lokal sekitar untuk dimakan saat puasa.

"Karena banyaknya pedagang sapi dan kerbau dari luar yang datang, jadi kebiasaan masyarakat menghidangkan makanan tamu dengan tapai atau lemang. Tapi lama-lama tapai lemang itu dijual juga ke para pedagang. Inilah yang membuat kebiasaan puluhan tahun makanan tapai dan lemang itu ramai menjelang puasa," ujarnya.

Bertahan puluhan tahun hingga saat ini, Pesta Tapai menjelma menjadi tradisi wisata kuliner tahunan setiap bulan Sya'ban. Pembelinya tidak hanya datang dari masyarakat sekitar saja, namun ada juga dari luar daerah.

Seorang warga Labuhanbatu, Misniati misalnya, mengaku khusus datang membeli lemang dan tapai di Desa Dahari Selebar ini. Bersama dengan anggota keluarganya ia mengaku setiap tahun berkunjung ke sini khusus untuk membeli aneka jajanan serta makanan tradisional khas Melayu.

"Setiap mau puasa pasti mampir ke sini beli lemang. Sekalian mau ziarah juga," kata dia.

Iswanto, salah seorang pedagang menjelaskan dirinya bisa menghabiskan 70-80 batang lemang dan hampir 5 kilogram tapai setiap harinya. Ia sudah berjualan meramaikan pesta tapai ini sejak jaman orang tuanya dahulu.

"Dulu orang tua jualan ini setiap tahun sebelum puasa. Lumayan jadi tambah penghasilan sebelum Ramadan," kata dia.



Simak Video "Pesta Tapai, Suka Cita Masyarakat Batu Bara Sumut Sambut Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT