ADVERTISEMENT

Sumo Oranges, Jeruk Manis Tanpa Biji Asal Jepang yang Viral di Amerika

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 01 Apr 2022 16:00 WIB
Sumo Oranges, Jeruk Manis Tanpa Biji Asal Jepang yang Viral di Amerika
Foto: Getty Images/iStockphoto/MSPhotographic
Jakarta -

Sumo oranges viral di Amerika Serikat usai video seorang wanita semangat menawarkannya di supermarket. Jeruk dengan rasa manis segar ini aslinya dari Nagasaki, Jepang.

Kepopuleran sumo oranges atau jeruk sumo di Amerika Serikat sebenarnya sudah sejak beberapa tahun lalu, namun belakangan jeruk ini kian dikenal usai video tentangnya viral di TikTok.

Berawal dari video @elizabethanneventer (17/3) yang memperlihatkan seorang wanita di supermarket Trader Joe's, New York mempromosikan jeruk sumo kepada pengunjung yang tengah antre menuju kasir. Membawa sekeranjang jeruk sumo, ia berhasil meyakinkan pengunjung lain untuk membeli jeruk ini.

Uniknya wanita itu bukan pegawai supermarket atau pihak penjual jeruk sumo. Netizen meyakini sosoknya adalah pengunjung biasa yang memang ingin memperkenalkan kelezatan jeruk ini.

Elizabeth, sang pemilik video mengutip kata-kata wanita itu saat menawarkan jeruk sumo. "Harga jeruk ini memang lebih mahal dibanding jenis lain, tapi sepadan," katanya.

Viral seorang wanita di supermarket New York mempromosikan sumo orange (jeruk sumo).Viral seorang wanita di supermarket New York mempromosikan sumo orange (jeruk sumo). Foto: @elizabethanneventer

Melihat video ini, banyak netizen salut. "Dia adalah influencer sesungguhnya," kata seorang netizen. "Dia menyebarkan informasi yang bagus," sahut netizen lainnya.

Tak sedikit dari mereka yang ikut menyoroti jeruk sumo. Mereka yang sudah mencicipi bilang jeruk ini benar-benar enak dan layak dicoba.

Lalu apa itu jeruk sumo? Mengutip Next Shark (1/4/2022), jeruk sumo pertama kali dibudidaya di Jepang pada fasilitas penelitian pemerintah di prefektur Nagasaki pada tahun 1972. Nama awalnya, shiranui.

Dalam perkembangannya, jeruk ini kemudian dikenal dengan merek Dekopon. Kata "Dekopon" konon berasal dari gabungan kata "deko" yang berarti "benturan" dan "pon" yang diambil dari nama "pokan", jenis jeruk mandarin populer di Asia.

Beberapa ahli mengatakan jeruk sumo alias sumo oranges adalah gabungan dari jeruk navel, pomelo, dan mandarin. Ada juga yang berpendapat kalau jeruk ini gabungan tangerine ponkan dan kiyomi tangor.

Sumo Oranges, Jeruk Manis Tanpa Biji Asal Jepang yang Viral di AmerikaSumo Oranges, jeruk manis tanpa biji asal Jepang yang viral di Amerika. Foto: Getty Images/iStockphoto/MSPhotographic

Jeruk sumo mulai terkenal di negara-negara lain, termasuk Brazil, China, dan Korea Selatan sekitar tahun 1988. Sementara di Amerika Serikat, sejarah jeruk ini baru bermula tahun 2011.

Jeruk sumo dibawa oleh perusahaan Suntreat yang kemudian berganti nama jadi AC Brands. Mereka awalnya menanam pohon jeruk sumo di California secara rahasia.

Perusahaan inilah yang juga mempopulerkan nama "Sumo Oranges" untuk produk jeruk Shiranui alias Dekopon. Nama sumo dipakai karena bentuk jeruk ini memiliki tonjolan kecil di kepalanya yang mirip rambut atlet sumo.

Mengenai tekstur dan rasanya, jeruk sumo adalah jenis jeruk tanpa biji yang kulitnya mudah dikupas. Beberapa laporan menyebut jeruk ini sebagai salah satu jeruk paling manis dan paling penuh rasa yang ada di pasaran.

Jeruk sumo tergolong buah musiman yang tersedia pada Januari hingga April, lalu tumbuh sebentar lagi pada musim gugur. Di Amerika Serikat, jeruk sumo mudah didapat di supermarket-supermarket besar seperti Whole Foods, Trader Joe's, Wegmans, dan Gristedes.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Es Jeruk Segar Nan Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT