Makan Nasi Padang Rp 500 Ribu di Sydney, Apa Saja Lauknya?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 17 Mar 2022 15:00 WIB
Makan Nasi Padang Rp 500 Ribu di Sydney, Apa Saja Lauknya?
Foto: TikTok @cindysharleen
Jakarta -

Netizen di Sydney, Australia ini senang bisa menemukan restoran nasi Padang. Bersantap di tempat, ia dan teman-temannya menghabiskan hingga Rp 500 ribu. Apa saja sih pilihan lauknya?

Menemukan makanan Indonesia, seperti nasi Padang, saat di luar negeri adalah kebahagiaan untuk para Warga Negara Indonesia (WNI) di sana. Tak terkecuali untuk Cindy Sharleen yang kini tengah menetap di Sydney untuk kuliah.

Melalui akun TikToknya @cindysharleen (15/3/2022), ia membagikan pengalaman makan nasi Padang di Restoran Pondok Buyung. Lokasinya di 140 Anzac Parade, Kensington NSW 2033, Australia. detikfood mengutip informasi ini atas seizinnya.

"Ini adalah salah satu restoran Padang di Sydney yang menurut aku kelihatannya autentik banget," kata Cindy di awal video. Ia lantas menunjukkan tempat bersantapnya yang mirip rumah makan Padang di Indonesia.

Makan Nasi Padang Rp 500 Ribu di Sydney, Apa Saja Lauknya?Pilihan menu di Pondok Buyung, restoran Padang terkenal di Sydney. Foto: TikTok @cindysharleen

Terlihat kursi-kursi dan meja kayu berjejer rapi. Ada juga kipas angin di langit-langit untuk memberi sirkulasi udara yang baik hingga TV yang menampilkan channel lokal Indonesia.

Untuk lauk-lauknya, Pondok Buyung menampilkan pilihan lauk Minang di balik etalase kaca. "Menunya lengkap banget, ada rendang, telur balado, ayam gulai, ayam pop, perkedel, dan lain-lain," sambung Cindy.

Ia juga memperlihatkan minuman di sini yang 'Indonesia banget'. Ada pilihan Teh Kotak, Teh Pucuk, Teh Botol, hingga minuman sari kacang hijau.

Makan Nasi Padang Rp 500 Ribu di Sydney, Apa Saja Lauknya?Nasi Padang yang dipesan Cindy dengan lauk rendang dan pelengkap orek tempe, telur balado, hingga perkedel kentang. Foto: TikTok @cindysharleen

Cindy yang mampir bersama teman-temannya memesan 3 porsi nasi Padang. Total mereka habiskan AUD 48 atau sekitar Rp 501 ribu (kurs Rp 10.456). Rata-rata per porsinya dibanderol AUD 16 atau sekitar Rp 167.300.

Menurutnya harga ini cukup standar untuk harga makanan di Australia, tapi jelas tidak murah. "Banyak pilihan lebih murah," katanya saat menjawab pertanyaan seorang netizen.

Mengenai restoran Pondok Buyung, Cindy mengatakan, "Dan yang kayak bikin bangga gitu, yang ngantre di sini bukan cuma orang Indonesia, tapi ada juga orang-orang dari negara lain. Jadi nasi Padang sangat go international."

Bagaimana ya rasa nasi Padang buatan Pondok Buyung di Sydney? Dia merasa semuanya enak-enak saja, kecuali rendangnya. "Aku mengharapkan lebih asin, tapi ini nggak ada. Kayak kurang rempah-rempah aja gitu," katanya. Namun ia memahami karena mungkin sulit cari rempah-rempah autentik Indonesia di sana.

Makan Nasi Padang Rp 500 Ribu di Sydney, Apa Saja Lauknya?Rasa rendang di Pondok Buyung disebut Cindy kurang asin dan berempah, mungkin karena bahan baku yang tidak lengkap di Sydney. Foto: TikTok @cindysharleen

Lebih lanjut, kepada detikfood (16/3/2022), Cindy mengatakan rasa sayur gulai buatan Pondok Buyung mirip seperti buatan restoran Padang di Indonesia. Pelengkap lainnya berupa orek tempe. "Enak, cuma agak aneh soalnya di Indonesia nggak ada namanya orek tempe dijual di restoran Padang," katanya.

Ia juga mengatakan, "Perkedel sama telur balado juga standar, cuma balado di sini nggak ada pedas-pedasnya sama sekali, yang mana bisa dimengerti karena menyesuaikan selera orang sini."

Cindy mengatakan ke depannya ingin mencicipi restoran Padang lain di Sydney. "Kayak restoran Ria Sari di Randwick," tutupnya.

Video Cindy makan nasi Padang Rp 500 ribu di Sydney viral hingga sudah ditonton lebih dari 169 ribu kali saat berita ini ditulis. Banyak netizen memberi komentar.

"Di Bekasi Rp 10 ribu kak, sudah paket (nasi Padang)," kata seorang netizen. "Alhamdulillah aku masih di Indonesia, Rp 15 ribu sudah dapet nasi Padang," sahut yang lain.



Simak Video "5 Fakta Nasi Padang Babi yang Viral di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)