ADVERTISEMENT

Dukung Perdamaian, Toko Kue Ini Jual Donat Bergambar Bendera Ukraina

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 05 Mar 2022 13:00 WIB
Donat bergambar bendera Ukraina
Foto: Reuters
Jakarta -

Mendukung Ukraina, sebuah toko kue di Jerman menjual 'donat perdamaian'. Donat tersebut dihiasi dengan krim bergambar bendera Ukraina dan hasil penjualan akan disumbangkan.

Hubungan yang memanas di antara Rusia dan Ukraina menyita perhatian dunia. Invasi yang dilakukan oleh Rusia telah menyebabkan ratusan warga sipil di Ukraina tewas.

Selain itu, juga ada lebih dari satu juta orang yang mengungsi. Menanggapi hal ini, banyak negara yang menginginkan kedamaian di antara kedua negara bekas Uni Soviet tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh sebuah toko kue di Jerman. Toko kue tersebut bernama Huck yang berlokasi di kawasan Frankfurt. Toko itu menjual 'donat perdamaian' untuk mendukung Ukraina.

Baca Juga: Permasalahan Ukraina dan Rusia hingga Ada Ancaman Invasi

Donat bergambar bendera UkrainaDonat bergambar bendera Ukraina ditawarkan oleh sebuah toko di Jerman Foto: Reuters

Pada bagian donatnya bergambar bendera Ukraina. Donat tersebut dilapisi dengan frosting berwarna kuning dan biru. Dikutip dari Reuter (04/03) donat itu dijual seharga Rp 15.000.

Nantinya, 100% hasil penjualan donat itu akan disumbangkan untuk anak-anak Ukraina yang terpaksa mengungsi setelah invasi Rusia. Khususnya yang mengungsi di Frankfurt.

"Kami pikir kami harus melakukan sesuatu dengan sangat cepat, tidak birokratis. Kami memutuskan untuk membuat produk tambahan yang tidak terlalu mahal, sehingga mudah dijangkau semua orang," ujar pemilik toko kue.

Aksi kemanusiaan ini pun berhasil di mana 600 donat terjual pada Kamis pagi (03/02) di 10 cabang toko roti. Selain itu, ada 300 pesanan untuk hari Jumat (04/02).

Baca Juga: Sebelum Invasi Rusia ke Ukraina, Chicken Kiev Juga Diperebutkan, Ini Faktanya

Donat bergambar bendera UkrainaDonat bergambar bendera Ukraina dijual dan hasilnya akan disumbangkan untuk anak-anak Ukraina Foto: Reuters

"Kemarin kami hanya memposting di media sosial. Kemudian nada pesanan pertama langsung masuk, dan jam 8 pagi ini sebagian besar cabang sudah habis terjual," ujar Huck.

Lebih lanjut, pemilik toko kue tersebut mengaku tak menyangka bahwa aksi kemanusiaannya mendapat perhatian banyak orang. Salah satu pelanggannya pun merasa tersentuh dengan aksi mulia ini.

Seperti yang dialami oleh Therese Rinschen-Piechocinski, seorang wanita Polandia yang tinggal di Frankfurt. Ia tersentuh dan ikut membeli donatnya untuk mendukung perdamaian.

"Jika mereka memiliki tujuan, jika mereka dapat membantu orang-orang yang benar-benar miskin yang juga berjuang untuk kita, maka saya siap, saya telah memberikan sumbangan," ujarnya.

Baca Juga: Waduh! Restoran Rusia Ini Kena Bully Netizen Imbas Invasi ke Ukraina



Simak Video "Ditemukan Bungkus Indomie di Bekas Markas Pasukan Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT