Petani Ini Menangkan Kontes Daun Bawang Raksasa Setelah Meninggal Dunia

ADVERTISEMENT

Petani Ini Menangkan Kontes Daun Bawang Raksasa Setelah Meninggal Dunia

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 02 Mar 2022 14:00 WIB
Petani Ini Menangkan Kontes Daun Bawang Raksasa Setelah Meninggal Dunia
Foto: Daily Mail UK
Jakarta -

Seorang petani yang sudah meninggal, berhasil memenangkan kontes daun bawang raksasa. Setelah sang anak mendaftarkan daun bawang miliknya untuk ikut kontes.

Sosok John Layman asal Caerphilly, Wales, semasa hidupnya dikenal sebagai petani yang rajin menanam berbagai jenis tumbuhan, dan sayuran di lahan miliknya. Selama lebih dari 20 tahun, John selalu berhasil menanam sayuran ukuran raksasa yang menarik perhatian.

Dilansir dari DailyMail UK (01/03), John kemudian menjadi terkenal di daerahnya, setelah berhasil menanam daun bawang raksasa sebesar 3,6 kg.

Sayangnya, John meninggal di usia 72 tahun setelah menderita kanker darah di tahun 2019. Akhirnya sang putra, Tyrone, yang sudah ia ajarkan untuk menjadi petani mendaftarkan daun bawang raksasa milik mendiang sang ayah di kontes sayuran yang ada di Caerphilly.

Baca Juga: Keren! Pria Ini Panen Sayuran Raksasa untuk Disumbangkan ke RS" selengkapnya

Kali ini ternyataJohn kembali memenangkan kontes ini dengan daun bawangnya yang memiliki berat menyentuh angka 3,8 kg.

"Lucunya, bahkan meski ayah sudah meninggal, dia tetap mengalahkan saya. Walau dia sudah tidak ada, tapi dia masih di posisi teratas," ungkap Tyrone dengan bangga.

Petani Ini Menangkan Kontes Daun Bawang Raksasa Setelah Meninggal DuniaPetani Ini Menangkan Kontes Daun Bawang Raksasa Setelah Meninggal Dunia Foto: Daily Mail UK

Mendiang John mulai rajin menanam dan menjadi petani sayuran sejak tahun 1986, di lahan yang berada di desa Abertysswg.

Kemenangan pertamanya diraih di tahun 1986, setelah mendaftarkan daun bawang raksasa sebesar 3,6 kg. Daun bawang ini 17 kali lebih berat, dibandingkan daun bawang yang dijual di pasaran yang berkisar di angka 200 gram saja.

Selain daun bawang, John juga pandai menanam bit dan kubis raksasa. Kini kejayaan John dilanjutkan oleh sang putra. Di usia sang putra yang menyentuh angka 43 tahun, dirinya sudah memenangkan kompetisi bit seberat 20 kg dan sayuran parnsip yang mirip wortel dengan berat 4 kg.

Tyrone memang ingin melanjutkan warisan sang ayah yang hobi menanam sayuran ukuran raksasa.

"Tentunya setiap kali saya menang juara, saya sangat senang. Tapi kadang sedih juga mengapa ayah saya tidak bisa menyaksikannya. Ayah saya mengajarkan saya apa yang perlu saya lakukan untuk menanam sayuran," pungkasnya.

Selain daun bawang milik mendiang John, ada juga daun bawang terbesar di dunia seberat 10,7 kg yang dipamerkan di kontes Three Counties Show pada tahun 2018 lalu.

Baca Juga: Wouuw! Ini 10 Buah dan Sayuran Raksasa, Ada Labu Beratnya 1 Ton" selengkapnya



Simak Video "Chillax, Tempat Nongkrong ala Eropa di Sudirman yang Instagramable"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT