ADVERTISEMENT

Kedelai Mahal! 8 Jenis Kacang-kacangan Ini Bisa Diolah Jadi Tempe

Riska Fitria - detikFood
Senin, 21 Feb 2022 14:30 WIB
Kacang bahan baku tempe
Foto: iStock
Jakarta -

Selain dari kedelai, tempe juga bisa dibuat menggunakan bahan baku dari jenis biji dan kacang-kacangan lainnya. Mulai dari kacang koro hingga kecipir.

Tempe dan tahu langka di pasaran. Itu karena melonjaknya harga kacang kedelai sebagai bahan baku, sehingga membuat para pengrajin tahu-tempe di pulau Jawa mogok produksi.

Aksi mogok perajin tahu-tempa akan dilakukan pada 21-23 Februari 2022. Aksi ini menyebabkan tahu-tempe langka di pasaran. Namun, khusus untuk tempe ada bahan baku alternatif pengganti kacang kedelai.

Bahan bakunya bisa menggunakan jenis kacang-kacangan atau biji-bijian yang harganya lebih murah dan mudah didapat. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga tak kalah tinggi.


Berikut 8 jenis kacang dan biji-bijian yang bisa jadi bahan baku tempe:

1. Kacang Koro

Kacang bahan baku tempeKacang koro bisa jadi bahan baku tempe Foto: detikcom


Kacang koro memiliki ukuran yang lebih besar dari kacang kedelai. Jenis kacang ini biasa diolah menjadi tempe oleh masyarakat Yogyakarta. Kacang koro memiliki cita rasa gurih,

Karenanya cocok saat diolah jadi tempe. Kacang koro juga kaya akan nutrisi, mulai dari tiamin, zat besi, tembaga, fosfor dan kalium. Makan kacang ini bisa menyehatkan jantung.

2. Kacang Tolo

Selain sebagai camilan, kacang tolo umumnya diolah menjadi gulai atau campuran sambal goreng krecek. Namun, jenis kacang ini juga cocok jadi bahan baku pembuatan tempe.

Ukuran kacang tolo lebih kecil daripada kacang kedelai. Jika dibuat tempe, teksturnya akan lebih padat. Kacang ini juga tinggi protein, kalsium, folat dan serat.

3. Kacang Hijau

Kacang bahan baku tempeKacang hijau bisa jadi bahan baku tempe Foto: iStock

Kacang hijau juga bisa jadi bahan baku tempe menggantikan kedelai yang langka. Sebelum diproses kacang hijau harus dibersihkan dari kulitnya, kemudian direndam dalam air.

Kacang hijau juga kaya akan protein. Nutrisinya bahkan dilengkapi dengan kalsium dan fosfor. Selain itu, ada juga lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Tempe Akan Didaftarkan Jadi Warisan Budaya UNESCO, Ini Komentar Indonesia Tempe Movement

4. Kacang Gude

Jenis kacang ini memang kurang akrab di telinga orang Indonesia. Kacang gude memiliki cita rasa dan aroma yang unik. Namun, kacang gude kurang diminati masyarakat.

Padahal jenis kacang ini mengandung protein dalam jumlah yang tinggi. Selain itu juga ada kandungan zat besi, fosfor dan vitamin C. Kacang gude ini juga cocok jadi bahan baku tempe.



Simak Video "Makanan dari Kandungan Kedelai Ini Berisiko untuk Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT