5 Street Food Enak di Bangkok, Ibu Kota Thailand yang Bakal Ganti Nama

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 19 Feb 2022 16:00 WIB
5 Street Food Enak di Bangkok, Ibu Kota Thailand yang Bakal Ganti Nama
Foto: Michelin Guide/Eating Thai Food
Jakarta -

Bangkok tengah jadi sorotan karena dikabarkan bakal ganti nama jadi Krung Thep Maha Nakhon. Ibu kota Thailand ini amat dikenal sebagai surga street food atau makanan kaki lima enak. Cek rekomendasinya.

Otoritas Thailand mengabarkan bakal ada perubahan nama untuk Bangkok. Kantor Royal Society Thailand (ORST) mengumumkan bahwa Bangkok akan memiliki nama resmi yakni Krung Thep Maha Nakhon.

Nama ini memang sudah diumumkan, namun belum berlaku efektif. Ke depannya, nama Bangkok disebut bakal masih tetap diakui dan ditulis dalam tanda kurung untuk ke depannya.

Membicarakan Bangkok terasa tak lengkap tanpa membahas street food alias makanan kaki limanya yang enak. Bangkok disebut-sebut pencinta makanan (foodies) sebagai 'surga' karena kehadiran banyak penjual makanan enak dan harganya relatif terjangkau.

Panduan makan bergengsi dunia, Michelin Guide bahkan punya rekomendasi street food enak yang layak dicoba di Bangkok. Berikut daftarnya:

1. Jay Fai

5 Street Food Enak di Bangkok, Ibu Kota Thailand yang Bakal Ganti NamaCrab omelette dengan isian melimpah jadi menu yang diburu di Jay Fai. Foto: Michelin Guide/Eating Thai Food

Jay Fai adalah sosok penjual omelette daging kepiting (crab omelette) yang begitu tersohor di Bangkok. Gerainya bahkan mengantongi 1 bintang Michelin Guide. Foodies bisa menyambangi gerainya di 327 Maha Chai Rd, Khwaeng Samran Rat.

Crab omelette di sini memiliki daging yang tebal dan rasa yang gurih enak. Jay Fai yang terkenal dengan kacamata selam saat memasak ini bakal meracik menunya fresh di hadapan pengunjung. Tapi tak jarang, pembeli harus antre 3 jam karena peminatnya yang membludak.

Selain crab omelette, Jay Fai yang memiliki nama asli Supinya Junsuta ini punya banyak menu lain yang layak dicoba. Beberapa di antaranya adalah prawn cake, tumis kepiting dengan bumbu kari kuning yang aromatik, dan drunken noodles yang populer di Thailand.

2. Rung Rueang Pork Noodles

5 Street Food Enak di Bangkok, Ibu Kota Thailand yang Bakal Ganti NamaMie dengan topping daging babi cincang dan bakso ikan buatan Rung Rueang. Foto: Michelin Guide/Eating Thai Food

Michelin Guide memasukkan Rung Rueang Pork Noodles dalam daftar Bib Gourmand yang berarti menu murah meriah di sini punya rasa yang layak dicoba. Penjual street food ini bisa kamu temui di 10 3 Soi Sukhumvit 26, Khlong Tan, Bangkok.

Menunya simpel yaitu mie dengan topping daging babi cincang dan bakso ikan. Mie-nya bisa pilih mau yang kering atau dengan kuah. Kalau pakai kuah, ada pilihan kuah gurih bening atau tom yum.

Untuk bakso ikannya disebut-sebut sangat enak karena kenyal dan lembut. Banyak juga yang melengkapi sajian mie di sini dengan kulit ikan yang renyah dan chili oil.

3. Sae Phun

5 Street Food Enak di Bangkok, Ibu Kota Thailand yang Bakal Ganti NamaSederhana tapi nikmat, inilah nasi plus stew chicken buatan Sae Phun. Foto: Michelin Guide/Eating Thai Food

Sae Phun menjual menu sederhana, namun nikmat yang membuat banyak orang Thailand nostalgia yaitu nasi plus tumis ayam (chicken stew) yang lembut dan gurih. Sae Phun konon sudah beroperasi selama lebih dari 80 tahun. Menu yang mereka tawarkan ini merupakan 'comfort food' untuk sebagian besar orang Thailand.

Biasanya nasi tumis ayam juga dilengkapi telur mata sapi goreng dan sosis China bernama goon chieng. Dahulu nenek-nenek di Thailand kerap membuatkan menu ini untuk cucunya. Selain dengan nasi, tumis ayam di sini juga bisa dinikmati dengan mie.

Intip lagi rekomendasi street food enak di Bangkok versi Michelin Guide di halaman selanjutnya.



Simak Video "Lumernya Kue Balok dan Pedas Nikmat Seblak BKT"
[Gambas:Video 20detik]