ADVERTISEMENT

Istilah Babi dan Alkohol dalam Bahan Mie Instan Korea yang Harus Diketahui Muslim

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 18 Feb 2022 13:00 WIB
Istilah babi dan alkohol dalam mie instan Korea
Foto: Instagram @JeomsimID
Jakarta -

Mie instan Korea sebagian besar mengandung babi. Kerenanya kenali beberapa istilah babi yang terkandung dalam komposisi mie instan Korea.

Bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas adalah umat Muslim, babi dianggap sebagai makanan haram. Berbeda dengan Korea, yang sudah menjadikan babi sebagai makanan sehari-hari.

Karenanya makanan di Korea kebanyakan mengandung babi, seperti pada produk mie instan misalnya. Sementara itu, mie instan Korea sering menjadi favorit banyak orang, termasuk orang Indonesia.

Produk mie instan Korea tersebut kemudian diekspor ke Indonesia. Mudah didapat di berbagai outlet dengan harga terjangkau.Namun bagi Muslim hati-hati, jangan asal membeli mie instan Korea yang bisa saja mengandung babi.

Biasanya adanya kandungan babi itu tercantum pada komposisi bahan dengan istilah menggunakan bahasan Korea. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengenali beberapa istilah babi pada komposisi mie instan.

Berikut istilah babi dan bahan lain dalam komposisi mie instan Korea:


1. Dwaejigogi

Istilah babi dan alkohol dalam mie instan KoreaIstilah babi dan alkohol dalam mie instan Korea salah satunya ada tulisan dwaejigogi Foto: Instagram @JeomsimID

Pada mie instan Korea yang mengandung babi, biasanya terdapat istilah dwaejigogi atau dalam penulisan hangul Korea 돼지고기 pada kemasan mie instannya.

Istilah tersebut artinya adalah daging babi. Fakta ini pernah diungkap oleh seorang jasa titip produk Korea di Indonesia dengan akun Instagram @JeomsimID.

"Pada komposisi makanan terdapat kata 돼지고기 yang artinya PORK," tulisnya pada caption diunggahannya.

Baca Juga: 25 Istilah Babi dalam Komposisi Makanan yang Harus Dicermati Muslim

2. Donji

Selain daging babi, ada juga mie instan Korea yang mengandung lemak babi. Istilah lemak babi dalam komposisi mie instan Korea dikenal dengan sebutan 'donji'.

Atau dalam penulisan hangul Korea, donji dituliskan 돈지. Tulisan tersebut dapat ditemui di kemasan belakang bagian komposisi mie instan.

3. Yugsu

Istilah babi dan alkohol dalam mie instan KoreaIstilah babi dan alkohol dalam mie instan Korea ada istilah yugsu Foto: Instagram @JeomsimID

Jika kamu menemukan istilah 'yugsu' atau ditulis 육수 pada kemasan mie instan harus berhati-hati. Atau sering juga istilah ini ditulis dengan bahasa Inggris 'meat stock'.

Istilah itu tidak hanya ada pada kemasan mie instan Korea saja, tetapi juga pada merek Jepang. Yugsu tersebut merupakan komposisi pada kuah kaldunya.

Istilah yugsu bukan berarti adanya kandungan babi, melainkan artinya adalah kaldu sapi tapi sapinya tidak disembelih secara Islami.

Baca Juga: 8 Istilah Makanan yang Terbuat dari Babi, Perlu Dicermati Muslim



Simak Video "5 Fakta Nasi Padang Babi yang Viral di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT