Ramen Spork Bikin Makan Ramen Makin Gampang dan Praktis

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 17 Feb 2022 16:30 WIB
Ramen Spork Bikin Makan Ramen Makin Gampang dan Praktis
Foto: TikTok West Elm
Jakarta -

Menikmati ramen jauh lebih praktis dengan Ramen Spork. Inovasi sendok dan garpu sekaligus ini juga membuat sensasi makan ramen jadi lebih nikmat.

Inovasi alat makan terus berkembang dan kehadirannya begitu memudahkan orang-orang dalam menikmati makanan favoritnya. Tak terkecuali untuk penggemar ramen.

Hidangan mie berkuah khas Jepang ini biasanya disajikan dengan sumpit dan sendok. Sumpit untuk mengambil mie-nya, sedangkan sendok untuk menyeruput kuah.

Namun tak bisa dipungkiri, pemakaian dua alat makan ini saat makan ramen kadang merepotkan. Hingga akhirnya tercetus inovasi Ramen Spork yang dibuat oleh desainer Jepang, Masami Takahashi.

Melihat Tik Tok West Elm (11/2/2022), Ramen Spork berbentuk bulat seperti sendok sayur, dengan bagian ujung bergerigi menyerupai garpu. Masami Takahashi sengaja menggabungkan dua elemen ini agar penikmat ramen merasakan kepraktisan.

Ramen Spork Bikin Makan Ramen Makin Gampang dan PraktisProduk Ramen Spork yang memudahkan para penikmat ramen dalam mengonsumsi makanan favoritnya. Foto: TikTok West Elm

Pertama, mereka bisa mengambil mie dengan ujung Ramen Spork. Kedua, mereka bisa menyendokkan kuahnya. Jadi penikmat ramen bisa selalu mendapatkan mie dan kuah kaldu yang sempurna dalam tiap suapan.

Melihat komentar warganet TikTok, banyak yang merasa bahwa Ramen Spork begitu berguna. Tapi tak sedikit juga yang masih berpikir kalau ramen paling enak dimakan hanya pakai sumpit.

Baca Juga: Inovasi Sendok Ajaib Bikin Makanan Lebih Enak, Cocok Buat yang Diet

Mengenai sejarahnya, mengutip situs resmi MoMA Design Store, terungkap bahwa Masami Takahashi membuat Ramen Spork pertama kali untuk jaringan restoran ramen terkenal di Jepang, Sugakiya.

Tujuannya juga supaya sampah sumpit sekali pakai bisa berkurang. Ramen Spork terbuat dari bahan stainless steel aman untuk makanan dan bisa dicuci di dishwasher.

Ramen Spork Bikin Makan Ramen Makin Gampang dan PraktisTerbuat dari stainless steel, Ramen Spork dibanderol seharga Rp 300 ribu per buah. Foto: TikTok West Elm

Di situs MoMA Design yang berbasis di New York, terlihat Ramen Spork dijual seharga Rp 300 ribu per buah. Tertulis juga kalau desain sendok ini sudah dibuat sejak 2007.

Inovasi sendok unik juga sebelumnya pernah ada di Indonesia. Sendok ini diciptakan warganet TikTok @professorgila. Ia menggabungkan sendok dengan kipas angin mungil agar makanan panas bisa dingin lebih cepat.

Pembuatnya, Lalu Ferdian mengatakan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti dinamo, kabel, dan baterai. Ia sengaja membuat sendok dengan kipas angin karena melihat pengalaman anaknya yang kerepotan saat mengonsumsi makanan panas.

Baca Juga: Malas Tiup Makanan Panas, Pria Ini Bikin Kipas Angin di Sendok



Simak Video "Menjajal Ramen Autentik Khas Jepang di Kawasan SCBD"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)