Tunjukkan Cara Makan Roti Pakai Mentega, Pakar Etiket Ini Malah Dianggap Ribet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 16 Feb 2022 08:00 WIB
Tunjukkan Cara Makan Roti Pakai Mentega, Pakar Etiket Ini Malah Dianggap Ribet
Foto: TikTok apwasiwine
Jakarta -

Menikmati jamuan makan formal ada etiketnya, termasuk ketika menyantap roti oles butter (mentega). Pakar etiket ini menunjukkan cara yang benar, namun malah dianggap ribet oleh warganet. Seperti apa ya caranya?

Jika sedang makan biasa, menyantap roti oles mentega tidaklah sulit. Kamu bisa mempraktikkan berbagai cara sesuai selera. Ada yang mengoles mentega langsung sekaligus banyak ke atas roti atau yang sedikit demi sedikit sampai roti habis.

Namun beda halnya dengan ketika menikmati jamuan makan formal. Di sini etiket makan berlaku dan ada baiknya diterapkan untuk menunjukkan kesopanan dan terlihat elegan di mata tamu lain.

Dalam hal makan roti oles mentega, pakar etiket yang eksis dengan akun TikTok @apwasiwine (3/2/2022) mengunggah video berjudul "Buttering Bread Properly" atau berarti "Mengolesi Mentega ke Roti dengan Tepat". Ia tidak menyarankan mentega diolesi sekaligus banyak ke atas potongan roti, meski langkah ini praktis.

"Praktis, jelas saja, tapi dalam hal etiket makan ini salah," ujarnya. Menurut @apwasiwine, cara yang tepat adalah mentega diambil dari tempatnya, kemudian pindahkan ke sisian piring.

Tunjukkan Cara Makan Roti Pakai Mentega, Pakar Etiket Ini Malah Dianggap RibetMengambil mentega ke piring lalu merobek-robek roti sebelum dioleskan mentega menjadi cara makan roti yang benar menurut apwasiwine Foto: TikTok apwasiwine

"Kemudian robek-robek roti hingga potongan kecil, seukuran yang bisa disantap ke mulut. Olesi mentega dan ini dia. Sempurna!" kata @apwasiwine. Cara makan roti oles mentega seperti ini dinilainya lebih tepat secara etiket dan bisa membuat kamu terlihat lebih elegan.

Baca Juga: Begini Cara Minum Es Teh Manis di Plastik agar Terlihat Lebih Elegan

Saat berita ini ditulis, video @apwasiwine sudah ditonton lebih dari 4,6 juta kali. Banyak warganet mengomentari caranya mengolesi mentega ke roti ini. Sebagian besar merasa cara yang dipraktikkan terlalu ribet.

"Bayangkan harus hidup dengan aturan seperti ini," kata seorang warganet. Ada juga yang menyahut, "Cara buang-buang waktu dengan melakukan sesuatu yang sebenarnya simpel." "Cara ini malah terlihat tidak masuk akal dan membuatnya berantakan," kata warganet lain.

Tapi ada juga yang membela @apwasiwine. Mereka mengatakan bahwa pakar etiket ini hanya menunjukkan etiket makan yang benar. "Ini adalah informasi yang bagus, bukan buang-buang waktu," ujar seorang warganet.

Tunjukkan Cara Makan Roti Pakai Mentega, Pakar Etiket Ini Malah Dianggap RibetMenuai kontra, cara makan roti ini disebut warganet malah ribet Foto: TikTok apwasiwine

Sebelum ramai pembicaraan mengenai cara mengoleskan mentega ke roti, etiket makan pisang dalam jamuan makan formal juga mencuri perhatian. Pakar etiket Sofia Marbella menyarankan makan pisang pakai pisau dan garpu.

Cara makan pisang secara formal ala Sofia ini juga sama seperti yang disarankan situs Etiquette Scholar. Meski terlihat lebih repot, namun faktanya cara makan seperti inilah yang disarankan ketika berada dalam jamuan makan.

Warganet ramai-ramai menulis komentar pro dan kontra soal makan pisang pakai pisau dan garpu. Ada yang setuju, namun banyak pula yang tidak setuju karena menilai hal ini aneh.

Baca Juga: Tuai Kontroversi, Pakar Etiket Ini Makan Pisang Pakai Pisau dan Garpu!

(adr/odi)