Ikut Tren Digital, McDonald's Siap Hadirkan Restoran Metaverse

Devi Setya - detikFood
Senin, 14 Feb 2022 18:30 WIB
Ikut Tren Digital, McDonalds Siap Hadirkan Restoran Metaverse
Foto: Getty Images/spflaum1
Jakarta -

Mengikuti tren teknologi digital yang semakin berkembang, McDonald's siap jadi restoran berkonsep metaverse. Pengalaman makan seperti apa yang akan dirasakan pelanggan?

Metaverse merupakan ruang digital yang menawarkan banyak aktivitas yang mirip dengan pengalaman di dunia nyata. Konsep ini sudah mulai diterapkan dalam videogame dan teknologi digital lainnya. Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi ini membuat banyak hal berubah.

Dilansir dari Mashed (14/2) restoran cepat saji berjaringan internasional McDonald's siap menerapkan konsep metaverse dalam melayani pelanggan.

Ikut Tren Digital, McDonald's Siap Hadirkan Restoran MetaverseTren Digital Metaverse Foto: Getty Images/spflaum1

Sebelumnya ada toserba Walmart yang lebih dulu memasuki pasar digital dengan menjual berbagai barang secara virtual. Toserba ini juga berencana meluncurkan cryptocurrency sendiri demi mengikuti perkembangan era digital.

McDonald's pun tampaknya telah melihat potensi ruang digital baru ini. Menurut Insider, McDonald's telah mengajukan merek dagang mereka sebagai jaringan perusahaan makanan untuk bisa mengirimkan makanan secara online.


Selain menjual makanan asli, McDonald's juga rencananya akan menjual makanan virtual secara legal. Restoran ini memungkinkan pelanggan untuk membuka bisnis berbasis online ini dengan cara menjual Non-Fungible Token (NFT) hingga memberi izin untuk membuka restoran virtual di metaverse untuk kemudian melayani makanan asli.

Restoran cepat saji itu telah mengajukan 10 aplikasi ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS awal bulan ini untuk merek McDonald's dan McCafe. Kabarnya cabang restoran McDonald's metaverse pertama akan dibuka dalam waktu dekat.

"Anda nongkrong di metaverse dan merasa lapar. Anda tidak perlu meletakkan headset. Anda masuk ke McDonald's dan memesan. Itu tiba di depan pintu Anda beberapa saat kemudian," kata pengacara merek dagang, Josh Gerben.

Ikut Tren Digital, McDonald's Siap Hadirkan Restoran MetaverseRestoran McDonald's Foto: Getty Images/spflaum1

Lebih lanjut Gerben juga menjelaskan adanya kemungkinan McDonald's akan menjual makanan hingga minuman virtual. Namun, makanan maupun minuman tersebut bukan untuk dimakan. Pembeli dapat mengunduhnya sebagai dokumen multimedia yang berisikan karya seni, audio, teks, maupun video yang berupa NFT.

Pendaftaran McDonald's kepada Kantor Paten dan Merek Dagang AS disebut akan memakan waktu sekitar delapan bulan. Tampaknya tak butuh waktu lama untuk McDonald's hadir dalam ruang digital metaverse.

Masih belum jelas sensasi dan pengalaman membeli makanan di restoran McDonald's metaverse, semua akan terjawab saat restoran digital ini diluncurkan.



Simak Video "McDonald's di Rusia Bakal Ganti Nama"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)