ADVERTISEMENT

Penampakan 4 Makam Penemu Makanan, dari Penemu Kentang hingga KFC

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 29 Jan 2022 19:00 WIB
Penampakan 4 Makam Penemu Makanan, dari Penemu Kentang hingga KFC
Foto: Site News
Jakarta -

Dikenal sebagai penemu makanan, makam orang-orang ini ramai dikunjungi dan diberi penghormatan. Beberapa makam bahkan juga dipenuhi makanan!

Tak hanya ilmuwan saja yang dihargai, banyak sosok penemu makanan atau orang-orang yang berpengaruh pada industri makanan juga dihormati orang meski sudah lama tiada.

Hal ini terbukti dari banyaknya makam para penemu makanan yang masih dikunjungi banyak orang. Bahkan ada beberapa makam yang dihiasi dengan makanan yang mereka temukan semasa hidupnya.

Mulai dari makam penemu kentang, sampai makam Kolonel Sanders yang dikenal sebagai pendiri restoran cepat saji KFC yang mendunia.

Mengutip Atlas Obscura, berikut empat makam penemu makanan yang dipenuhi dengan hiasan dan makanan:

Baca Juga: Hiii! Pengantar Makanan Ini Nyasar ke Kuburan Saat Ambil Orderan" selengkapnya


1. Makam Penuh Kentang

Makam KentangMakam Kentang Foto: Istimewa

Di pemakaman Paris' Père Lachaise, ada satu makam kuno yang dipenuhi oleh tumpukan kentang-kentang. Bukan berkaitan dengan hal mistis, kentang-kentang ini sengaja ditinggalkan oleh orang-orang yang datang ke sana. Kebanyakan tulisan di kentang itu berbunyi 'Merci pour les frites!' atau memiliki arti 'terima kasih untuk kentangnya!'.

Makam itu ditempati oleh mendiang Antoine Agustine Parmentier yang meninggal pada tahun 1813. Ia merupakan ahli agronomi yang berperan penting dalam munculnya tumbuhan kentang. Kentang sendiri kini menjadi salah satu makanan yang paling populer di seluruh dunia dan telah menjadi bagian dalam menu makan orang Prancis sejak dulu.

Kini hampir setiap hari makamnya selalu dipenuhi oleh pengunjung, mulai dari masyarakat lokal hingga wisatawan asing. Kebanyakan dari mereka sengaja membawa kentang yang telah ditulisi pesan. Mereka lalu menaruh kentang ini di makan sebagai bentuk penghormatan kepada Parmentier yang sudah memperkenalkan kentang menjadi makanan populer.

2. Makam Penemu Soda

Woman hand giving glass ,Soft drinks with ice, sweethart or buddyMinuman Bersoda yang Ditemukan John Matthews Foto: Getty Images/iStockphoto/tongpatong

John Matthews merupakan salah satu orang Inggris yang tinggal di Amerika. Ia dikenal karena merupakan penemu air soda. Ia meninggal di tahun 1870 dan jenazahnya dimakamkan di The Green Wood Cemetry yang ada di New York.

Semasa hidupnya, John cukup terkenal karena berhasil menciptakan salah satu minuman yang paling populer di duni yaitu minuman bersoda. Bahkan ratusan tahun berselang, makam dari John ini lebih dikenal sebagai situs bersejarah.

Makamnya dikenal dengan nama The Soda Fountain King. Selain menemukan air soda, ia juga menciptakan alat sederhana sejenis dispenser agar air soda lebih mudah diproduksi.

3. Makam dari Sosok Pendiri KFC

Penampakan 4 Makam Penemu Makanan, dari Penemu Kentang hingga KFCPenampakan 4 Makam Penemu Makanan, dari Penemu Kentang hingga KFC Foto: Site News

Bagi penggemar restoran cepat saji KFC, pasti sudah tidak asing dengan sosok pria tambun berkumis putih yang menjadi logo KFC di seluruh dunia. Sosok ini dikenal dengan nama Kolonel Harlan Sanders atau Kolonel Sanders.

Ia merupakan pendiri restroan Kentucky Fried Chicken. Ia meninggal dunia pada 1980 dan dimakamkan di Cave Hill Cemetry yang ada di Louisville, Amerika Serikat. Makam Kolonel Sanders ini tampak mewah jika dibandingkan dengan makam lainnya.

Ada patung bentuk Kolonel Sanders yang terpasang di atas batu nisannya. Tak heran banyak orang yang datang ke Cave Hill hanya untuk melihat langsung makam dari Kolonel Sanders.

4. Makam Penemu Teh

Penampakan 4 Makam Penemu Makanan, dari Penemu Kentang hingga KFCPenampakan 4 Makam Penemu Makanan, dari Penemu Kentang hingga KFC Foto: Site News

Jika John Matthews dikenang sebagai penemu minuman bersoda di dunia, beda lagi dengan sosok Sir Thomas Lipton asal Glasgow, Skotlandia. Ia merupakan sosok penting dalam industri teh di dunia.

Lipton merupakan salah satu pencipta teh kemasan yang berjualan teh yang ia beli dari Sri Lanka. Ia kemudian mendirikan perusahaan tehnya bernama Lipton. Lipton meninggal pada tahun 1931, namun kejayaan teh Lipton masih sampai detik ini dan mendunia.

Di makam Thomas Lipton, para penggemarnya akan meninggalkan minuman kemasan teh Lipton. Mereka juga menaruh kantung teh Lipton yang berwarna kuning cerah sebagai bentuk penghormatan.

Baca Juga: Ngeri-ngeri Sedap, Meski Dekat Kuburan 5 Tempat Makan Ini Selalu Ramai!" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Puas Kulineran Khas Thailand di PIK"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT