Malas Tiup Makanan Panas, Pria Ini Bikin Kipas Angin di Sendok

Devi Setya - detikFood Kamis, 27 Jan 2022 18:30 WIB
Malas Tiup Makanan Panas, Pria Ini Bikin Kipas Angin di Sendok Foto: TikTok @professorgila
Jakarta -

Untuk mendinginkan makanan panas, biasanya orang akan meniup atau menunggu makanan agak dingin. Tapi pria ini justru membuat kipas angin mungil yang menempel pada sendok.

Berawal dari pengalaman pribadi yang enggan menunggu makanan panas menjadi hangat, seorang pria justru membuat penemuan baru. Lewat akun TikToknya @professorgila, ia mengunggah video ketika merakit kipas mini untuk sendok makannya.

"Lagi males niup makanan, yaudah gua langsung bikin sendok ajaib," tulis pemilik akun ini pada video yang diunggah, Rabu (26/1).

Malas Tiup Makanan Panas, Pria Ini Bikin Kipas Angin di SendokSendok pakai kipas angin Foto: TikTok @professorgila

Terlihat pria ini menyiapkan beberapa bahan seperti dinamo kecil, kabel, baling-baling kipas dan baterai. Tak lupa ia juga menyiapkan sendok yang akan dijadikan 'sendok ajaib'. Semuanya dirakit sedemikian rupa agar bisa menggerakkan baling-baling mungil.

Akhirnya sebuah sendok ajaib dengan pelengkap kipas mini ini pun siap digunakan. Mesin kipas yang menempel pada bagian sendok menjadikan alat ini menghasilkan angin yang bisa meniup makanan panas. Tombol untuk menyalakan mesin pun diletakkan dekat pegangan sendok sehingga mudah dioperasikan.

Untuk mencobanya, ia lantas menyiapkan mie instan panas yang baru matang. Ia menyendokkan mie ini sambil menekan tombol kipas. Hasilnya, mie jadi lebih dingin dan siap dimakan.

Video yang sudah disaksikan lebih dari 900 ribu kali ini menuai komentar netizen. Banyak yang menganggap sendok ini justru membuat proses makan jadi repot. Ada juga yang khawatir kalau baling-baling kipas melukai wajah.

"Pas makan mata kecolok kipas," ujar netizen.

"Tidak untuk diriku yg mageran untuk membuatnya," sahut netizen lain.

Malas Tiup Makanan Panas, Pria Ini Bikin Kipas Angin di Sendok Kipas Angin di Sendok Foto: TikTok @professorgila

Ketika dikonfirmasi DetikFood (27/1) pria bernama Lalu Ferdian ini mengaku mendapat ide membuat sendok kipas ini dari pengalaman anaknya saat makan makanan panas. Di samping itu, ia juga hobi membuat beraneka alat unik hasil percobaannya.

"Idenya kan kalau anak saya makan panas biasanya dia sering ambil kipas angin atau di depan kipas angin. Jadi saya buatkan sendok yang ada kipasnya. Jadi kalau ada kipasnya nggak perlu nunggu makananya lagi," jelas Lalu Ferdian.

Untuk bahannya, Lalu Ferdian mengatakan bahan yang digunakan sederhana yakni dinamo, kabel dan baterai. "Biasanya ada dinamo di bekas mainan anak atau mobil-mobilan Tamiya. Kabel dan baterai. Pegangannya bisa dibikin sendiri," lanjutnya.

Diakui Lalu Ferdian, alat ini berfungsi dengan baik namun agak mengganggu saat kipasnya menyentuh bagian wajah. "Alatnya berfungsi lumayan baik cuma ada minusnya kalau makan suka kesenggol kipasnya. Jadi harus di matikan dulu pas mau makannya," ujar pria yang memang sering membuat alat unik ini.



Simak Video "Mantan Personel JKT48, Kini Jual Nasi Bakar Ludes 150 Porsi Dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com